Kunci Tontowi/Liliyana Raih Tiket Final Olimpiade Rio

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Sumber :
  • badmintonindonesia.org

VIVA.co.id - Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses meraih tiket final Olimpiade Rio 2016. Keduanya menyingkirkan unggulan teratas dari China, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Peraih Medali Emas Olimpiade Tersandung Kasus Doping, Pilih Pensiun

Dalam babak semifinal yang berlangsung Selasa 16 Agustus 2016, unggulan ketiga ini menang dengan cukup mudah. Tontowi/Liliyana menang dalam dua game langsung 21-16 dan 21-15.

Kemenangan ini membuat rekor pertemuan Tontowi/Liliyana menjadi 6-13, masih untuk keunggulan Zhang/Zhao. Liliyana mengungkapkan bila dia tak memikirkan rekor buruk pertemuannya dengan Zhang/Zhao, dan hanya coba tenang serta fokus.

6 Fakta Menarik India Open, Indonesia Catat Rekor Mentereng

“Kuncinya ketenangan, fokus dan kekompakan dari kami,” kata Liliyana pada situs resmi PBSI.

“Kemenangan ini bukan buat membalas pertandingan sebelumnya atau apa. Tapi ini buat final Olimpiade. Sebelum main kami anggap kosong-kosong aja,” timpal Tontowi.

Ada Peran Owi/Butet di Piala Presiden Esports 2019

Tontowi menambahkan bila dia dengan Liliyana tidak terlalu memikirkan jumlah poin yang diraih. Mereka hanya fokus menambah poin dan memastikan bola masuk, sebab pertandingan berlangsung cukup ketat.

“Saat sudah unggul, saya nggak berpikir tentang menang. Poin 20 juga saya berpikir masih banyak poin. Saya cuma berpikir poin poin poin aja. Pas liat angka 20 juga saya nggak tau siapa yang 20. Pokoknya fokus aja dulu. Bola masuk aja dulu, kami bikin poin,” ujar Tontowi.

Di final nanti, Tontowi/Liliyana akan berhadapan dengan pasangan Malaysia, Chan Peng Soo/Goh Liu Ying. Chan/Goh melaju ke final usai mengalahkan pasangan China, Xu Chen/Ma Jin, lewat skor 21-12 dan 21-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya