TUTUP
TUTUP
SPORT

Fakta-fakta Menarik Manusia Tercepat di Dunia dari A-Z

Mengenal lebih dalam Usain Bolt.
Fakta-fakta Menarik Manusia Tercepat di Dunia dari A-Z
Pelari Jamaika, Usain Bolt (REUTERS)

VIVA.co.id – Bicara olahraga atletik, nama atlet asal Jamaika, Usain Bolt, tentu sudah tak asing lagi. Tinta emas sudah ditorehkan sprinter kelahiran 21 Agustus 1986 ini.

Yang terbaru adalah medali emas di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Medali ini menjadi emas di tiga Olimpiade berturut-turut (Beijing, London dan Rio), dari nomor 100 meter dengan catatan waktu 9,81 detik.

Untuk mengenal lebih dalam tentang Bolt, berikut fakta-fakta menarik dari manusia tercepat di dunia itu, yang akan diurutkan dari A sampai Z, dilansir dari Marca.

A - Asafa Powell
Powell adalah rekan senegara Bolt, yang memegang rekor dunia di nomor 100 meter pada 2005 sampai 2008, dengan catatan waktu 9,77 detik dan 9,74 detik.

B- Berlin
Di Ibukota Jerman ini, Bolt memecahkan dua rekor dunia sekaligus, nomor 100 meter dengan catatan waktu 9,58 detik, dan 19,19 detik di nomor 200 meter.

C - Commonwealth
Bolt sempat diragukan tampil di Commonwealth Games 2014 yang diselenggarakan di Glasgow. Namun, akhirnya dia memastikan ambil bagian, dan memenangkan estafet 4x100 meter.

D - Daegu
Dari rentetan prestasi mentereng, Bolt juga pernah melakukan hal yang merugikan dirinya sendiri. Di Daegu, Korea Selatan, dia didiskualifikasi karena melakukan pelanggaran saat start.
E - Ease
Ease, memiliki arti mudah. Ya, karena di pertandingan kemarin di Olimpiade Rio, Bolt terlihat dengan mudah memenangkan lomba. Bahkan dia sempat melakukan selebrasi kecil sebelum menginjak garis finis.

F - Football
Meski menggeluti dunia atletik, Bolt juga menggemari dunia sepakbola. Tim Premier League, Manchester United, menjadi klub idolanya.

G - Gay
Tyson Gay, pelari asal Jamaika ini menjadi rival bagi Bolt. Gay adalah pelari tercepat kedua di nomor 100 meter, yang pernah mencatatkan waktu 9,69 detik.

H - Hungaria
Hungaria menjadi turnamen mayor pertama yang diikuti Bolt pada 2001, yakni di event World Youth Championship.

I - Ibiza
Layaknya kaum jetset, Ibiza jadi tempat favorit Bolt untuk menikmati liburan.

Selanjutnya J...

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP