Atlet Kano Spanyol Ini Baru 'Lahir' Setahun Lalu

Marcus Cooper Walz, atlet kano asal Spanyol
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj

VIVA.co.id – Banyak orang, khususnya warga Spanyol bertanya-tanya 'Siapa Marcus Cooper Walz?'. Pertanyaan itu muncul setelah dia memenangkan medali emas dari cabang kano nomor tunggal putra.

Sandiaga Uno Jajal Danau Toba dengan Kano Sambil Sapa Warga

Pertanyaan tersebut muncul setelah Walz meraih medali emas dan dia mewakili Spanyol. Orang Spanyol sendiri merasa asing dengan orang ini.

Sebab, dari bentuk wajah, warna mata, warna kulit, warna rambut, bahkan nama Walz sama sekali tidak menunjukkan kalau dia berasal dari Negeri Matador. Setelah diselidiki, sebuah fakta pun terungkap.

Kano Sumbangkan Emas ke-43 untuk Indonesia

Sejatinya, Walz adalah atlet kelahiran Oxford, Inggris, dengan Ibu yang berasa dari Jerman dan Ayah asli Inggris. Namun, tiga bulan setelah dia lahir, keluarga Walz memilih untuk tinggal di Spanyol, tepatnya di Mallorca.

Bahkan, paspor kewarganegaraan Spanyol baru didapat pemuda 21 tahun ini setahun yang lalu. "Jika saya tahu saat itu, saya akan melahirkannya di Mallorca dan pastinya kami akan memperoleh status warga negara Spanyol," kata Ibunda Walz setelah anaknya meraih medali emas kano di nomor 1.000 meter, dikutip Marca.

Atlet Kano dan Kayak Indonesia Sumbang 2 Medali Emas

Sekadar informasi, regulasi dari Komite Olimpiade Internasional untuk membela sebuah negara adalah harus memiliki paspor dan melalui proses naturalisasi. Dan itu hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah tinggal di negara tersebut selama empat sampai lima tahun.
 

VIVA Bulutangkis: Momen Debby Susanto cs saksikan Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Perolehan Medali Indonesia di Olimpiade Rio 2016

Berikut perolehan medali Olimpiade Rio 2016, Indonesia mendapatkan posisi ke 46 dengan total 3 medali.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2021