TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Atlet Kano Spanyol Ini Baru 'Lahir' Setahun Lalu

Dia meraih medali emas di nomor 1.000 meter tunggal putra.
Atlet Kano Spanyol Ini Baru 'Lahir' Setahun Lalu
Marcus Cooper Walz, atlet kano asal Spanyol (REUTERS/Damir Sagolj)

VIVA.co.id – Banyak orang, khususnya warga Spanyol bertanya-tanya 'Siapa Marcus Cooper Walz?'. Pertanyaan itu muncul setelah dia memenangkan medali emas dari cabang kano nomor tunggal putra.

Pertanyaan tersebut muncul setelah Walz meraih medali emas dan dia mewakili Spanyol. Orang Spanyol sendiri merasa asing dengan orang ini.

Sebab, dari bentuk wajah, warna mata, warna kulit, warna rambut, bahkan nama Walz sama sekali tidak menunjukkan kalau dia berasal dari Negeri Matador. Setelah diselidiki, sebuah fakta pun terungkap.

Sejatinya, Walz adalah atlet kelahiran Oxford, Inggris, dengan Ibu yang berasa dari Jerman dan Ayah asli Inggris. Namun, tiga bulan setelah dia lahir, keluarga Walz memilih untuk tinggal di Spanyol, tepatnya di Mallorca.

Bahkan, paspor kewarganegaraan Spanyol baru didapat pemuda 21 tahun ini setahun yang lalu. "Jika saya tahu saat itu, saya akan melahirkannya di Mallorca dan pastinya kami akan memperoleh status warga negara Spanyol," kata Ibunda Walz setelah anaknya meraih medali emas kano di nomor 1.000 meter, dikutip Marca.

Sekadar informasi, regulasi dari Komite Olimpiade Internasional untuk membela sebuah negara adalah harus memiliki paspor dan melalui proses naturalisasi. Dan itu hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah tinggal di negara tersebut selama empat sampai lima tahun.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP