TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Sederet Prestasi Liliyana Natsir, Pahlawan Olimpiade 2016

Sayangnya, masih ada satu medali emas yang belum bisa diraih Butet.
Sederet Prestasi Liliyana Natsir, Pahlawan Olimpiade 2016
Pasangan ganda campuran Indonesia Liliyana Natsir. (VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi)

VIVA.co.id – Kesan "tomboy" melekat pada sosok Liliyana Natsir. Tapi jangan pernah meragukan reputasinya sebagai seorang atlet kelas dunia. Ya, pebulutangkis andalan skuat Merah Putih itu kini tengah menikmati salah satu kesuksesan kariernya dengan merebut medali emas ganda campuran Olimpiade 2016 di Rio de Janiero, Brasil bersama Tontowi Ahmad.

Gadis yang akrab disapa Butet ini berhasil memperbaiki torehannya pada Olimpiade Beijing 2008 lalu, yang hanya memperoleh medali perak bersama Nova Widianto. Prestasi ini tentunya menempatkan Butet sebagai salah satu pebulutangkis Tanah Air dengan gelar bergengsi paling lengkap sepanjang perjalanan kariernya.

Dara yang hobi nongkrong dengan rekan-rekannya serta bermain piano ini memang telah diakui memiliki bakat, minat dan kemauan keras dalam menggapai semua bidikan prestasinya.

Bahkan penggemar film-film action ini pun tercatat sebagai satu dari dua pebulutangkis Indonesia yang mampu merengkuh gelar juara dunia sebanyak 3 kali selain pilar ganda putra, Hendra Setiawan.

Butet mengoleksi gelar tersebut pada tahun 2005 di Anaheim dan 2007 di Kuala Lumpur bersama Nova Widianto, serta tahun 2013 bersama Tontowi Ahmad. Ukiran gelar bergengsi yang tak kalah spektakulernya yakni di kancah All England dengan mencetak hattrick berturut-turut dari tahun 2012 sampai 2014 bersama Tontowi Ahmad.

Sementara di level Asia Tenggara, penyuka makanan Manado ini sudah memiliki 5 keping medali emas, dengan 3 dari perorangan ganda campuran dan 2 lainnya dari nomor beregu putri.

Selain cemerlang di sektor ganda campuran, pemilik tempat usaha Nine Family Reflexology ini juga punya catatan mengesankan pada sektor ganda putri. Bersama Vita Marissa, pada medio tahun 2007 hingga 2008, Butet tercatat mendapatkan gelar Taiwan Open GPG 2007, China Masters Superseries 2007, Indonesia Open 2008 dan Final Supserseries 2008 serta runner up Piala Uber 2008 di Jakarta.

Sayangnya, masih ada satu medali emas yang belum bisa diraih Butet selama ini yaitu dari kancah pesta olahraga terbesar Asia, Asian Games. Capaian tertingginya yakni raihan perak di Incheon 2014 bersama Owi.

Semoga bidikan ini dapat disempurnakan Butet kala Asian Games pada tahun 2018 dihadapan publik Jakarta dan Pelembang mendatang, serta mengukuhkan dirinya legenda bulutangkis Tanah Air di penghujung kariernya kelak.

Profil Liliyana Natsir:

Nama lengkap:                 Liliyana Natsir
Tempat, tanggal lahir:     Manado, 9 September 1985
Tinggi:                                1,68 cm
Berat:                                  58 kg
Karier profesional:          2001– sekarang
Pegangan raket:              kanan
Pelatih:                               Richard Mainaky

Pertandingan paling mengesankan:
Pertama kali Juara Dunia bersama Nova Widianto tahun 2005, dan pertama kali juara All England bersama Tontowi Ahmad

Pertandingan paling mengecewakan:
Kalah di final Olimpiade Beijing 2008

Lawan paling tangguh:
Pemain China

Rekan berlatih favorit:
Bermain melawan dua atau tiga orang pemain putra

Hobi:
Nongkrong, berkumpul sama teman-teman, nonton, main piano

Makanan favorit:
Makanan Manado

Film favorit:
Film-film action

Lagu favorit:
Raggae

Acara TV favorit:
Berita

Cita-cita/harapan untuk bulutangkis:
Mudah-mudahan kedepannya bulutangkis lebih diperhatikan oleh negara terutama setelah pensiun untuk atlet yang sebelumnya berprestasi dan mengharumkan nama bangsa

Cita-cita bila tidak berkarir di bulutangkis:
Ingin jadi pengusaha yang sukses dan bisa menjadi donatur untuk kegiatan sosial dan membantu orang-orang yang membutuhkan

Personality :
Agak emosian, tidak sabar, tidak suka menunggu, peduli sesama, tidak suka mengurusi urusan orang karena tidak suka diurusin, penyayang dan nggak enakan. (sumber: pbdjarum.org)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP