Amerika Serikat Masih Kuasai Perolehan Medali Olimpiade Rio

Jeff Henderson, merayakan medali emas yang diraihnya dari cabang lompat jauh
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach

VIVA.co.id – Hingga 19 Agustus 2016, kontingen Amerika Serikat masih menguasai perolehan medali Olimpiade Rio de Janeiro. Sementara di tempat kedua diduduki Inggris Raya dan Republik Rakyat China.

Peraih Medali Emas Olimpiade Tersandung Kasus Doping, Pilih Pensiun

Pasukan dari Negeri Paman Sam, kini total sudah meraih 100 medali. 100 Medali tersebut terdiri dari 35 medali emas, 33 perak dan 21 perunggu. 

Atlet renang Amerika Serikat, Michael Phelps, menjadi penyumbang medali terbanyak untuk negaranya. Total dia meraih lima medali emas dan satu perak.

Sri Wahyuni, 'Wonder Woman' di Pentas Olimpiade

Lima medali emas didapatnya dari nomor 4 x 200 meter gaya bebas estafet putra, 200 meter gaya kupu-kupu putra, 4 x 100 meter gaya ganti estafet putra, 4 x 100 meter gaya bebas estafet putra dan 200 meter gaya ganti perseorangan putra. Sedangkan medali perak didapat di nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra.

Inggris Raya dan China terus bersaing ketat untuk posisi kedua. Bila pada hari Minggu, 13 Agustus lalu, China berada di peringkat dua dengan 13 emas, 11 perak dan 17 perunggu, kini posisi mereka tergeser Inggris Raya.

Tekad Si Manis Mariska Sabet Emas Kedua di SEA Games 2017

Inggris Raya berada di bawah Amerika Serikat dengan raihan 22 medali emas, 21 perak dan 13 perunggu. Sementara China, meraih 20 medali emas, 16 perak dan 22 perunggu.

Dari kontestan Asia Tenggara, Thailand masih yang terbaik dengan koleksi dua emas, dua perak, dan dua perunggu. Mereka pun menduduki posisi 26 klasemen medali.

Sedangkan Indonesia, kini berada di peringkat 40 klasemen dengan satu medali emas dan dua medali perak. Medali emas pertama Indonesia diraih dari cabang bulutangkis di nomor ganda campuran. Pasangan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, meraih medali emas, tepat di hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya