Fakta-fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Ceko

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Balapan MotoGP akan kembali berlangsung pada akhir pekan ini, Minggu 21 Agustus 2016 malam WIB. Seri ke-11 dalam kasta pertama balapan motor ini akan digelar di Republik Ceko.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Balapan GP Ceko pada tahun ini adalah yang ke-29, dan Valentino Rossi merupakan pemenang terbanyak di Sirkuit Automotodrom Brno. Untuk di kelas MotoGP, pembalap asal Italia sudah mengemas kemenangan sebanyak empat kali.

Pada musim lalu, pembalap Movistar Yamaha tersebut hanya meraih podium ketiga. Walau begitu, ini menjadi modal baik bagi Rossi untuk kembali memperpendek jarak dengan Marc Marquez dan Jorge Lorenzo.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Marquez saat ini masih jadi pemuncak klasemen sementara pembalap dengan raihan 181 poin. Dia unggul 43 angka dari Lorenzo di posisi dua, dan unggul 57 angka dari Rossi yang berada di peringkat tiga.

Sebelum menyaksikan para pembalap melakoni balapan sebanyak 22 lap dalam balapan nanti, kita simak beberapa fakta menarik MotoGP Ceko. Berikut data dan fakta menarik GP Ceko, yang dilansir situs resmi MotoGP;

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

1. GP Ceko pertama di Brno digelar pada 1965, ketika itu balapan 500 cc dilangsungkan sepanjang 13 lap pada trek asli yang masih memiliki panjang 13,94 km. Mike Hailwood menjadi juaranya usai meraih waktu 1 jam 11 menit dan 23,2 detik.

2. Satu-satu sirkuit yang memiliki sejarah lebih panjang dari Brno adalah Assen di Belanda. Sirkuit Assen sudah menggelar grand prix sejak seri balapan tersebut pertama kali tercipta 68 tahun silam.

3.  Lintasan di Sirkuit Brno dipangkas menjadi hanya 10,92 km karena alasan keamanan pada tahun 1975.

4. Sirkuit Brno sudah digunakan balapan sejak 1987 dan menjadi tuan rumah MotoGP Ceko hingga 1991. Pada 1992 Brno menghilang dari kalender balap, namun dikembalikan lagi pada 1993 dan terus menjadi tuan rumah balapan sampai saat ini.

5. Tak ada perubahan besar yang terjadi pada sirkuit Brno dalam balapan yang ke-29 ini. Hanya lintasan yang ditambah panjang dari 5,394 km menjadi 5,403 km.

6. Di kelas MotoGP, Honda dan Yamaha sama-sama sudah mencatat enam kemenangan di Brno. Sedangkan Ducati baru menorehkan dua kemenangan.

7. Pada tahun lalu, Jorge Lorenzo keluar sebagai pemenang. Itu menjadi kemenangan pertama Yamaha di Brno sejak terakhir kali diraih pada 2010.

8.  Pada musim lalu,  MotoGP Ceko menjadi satu-satunya balapan di mana tiga pembalap yang meraih pole position bisa menuntaskan race sebagai pemenang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya