TUTUP
TUTUP
SPORT

Usai Raih 3 Emas Olimpiade, Kapten AS Pensiun

Anthony mencatatkan rekor bersama tim basket Amerika di Olimpiade Rio.
Usai Raih 3 Emas Olimpiade, Kapten AS Pensiun
Pemain Timnas bola basket Amerika Serikat, Carmelo Anthony (kanan) (REUTERS/Mandatory Credit: Kyle Terada-USA TODAY Sports)

VIVA.co.id – Usai mengantarkan Amerika Serikat meraih medali emas cabang basket di Olimpiade Rio 2016, Carmelo Anthony mengumumkan pensiun dari timnas. Banyak rekor yang dicetak oleh sang kapten Anthony selama membela Amerika di pertandingan internasional.

ESPN melaporkan, Anthony jadi satu-satunya pemain yang memenangkan tiga medali emas Olimpiade. Amerika meraih medali emas Olimpiade Rio setelah mengalahkan Serbia 96-66. Dan Anthony sudah meraih emas Olimpiade 2008 dan 2012. 

Anthony juga pebasket pertama Amerika yang bermain dalam empat edisi Olimpiade secara beruntun. Anthony menjadi pemain yang  mencetak poin terbanyak bagi Amerika dengan 336 angka. 

"Ini adalah akhir bagi saya. Saya telah berkomitmen sejak 2004. Saya mengalami hal terindah dan terburuk. Saya di sini sekarang, untuk tiga medali emas. Saya pikir sudah cukup memberi bagi tim basket Amerika," kata Anthony, Senin 22 Agustus 2016. 

Anthony jadi salah satu pemain senior yang dibawa oleh pelatih Mike Krzyzewski. Satu lagi pemain senior lagi adalah Kevin Durant. 

Pebasket berusia 32 tahun ini lebih memilih bermain bersama Amerika, di mana rekan-rekannya seperti LeBron James, Chris Paul dan Dwyane Wade sedang liburan. Anthony pun sangat menghargai pemain baru di tim basket Amerika. 

"Saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah mengizinkan saya untuk menjadi pemimpin. Bukan hanya untuk tim, tapi juga negara," ujar Anthony. (one)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP