TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

5 Momen Terbaik Atlet Indonesia di Olimpiade 2016

Medali emas jadi salah satu momen terbaik atlet Indonesia.
5 Momen Terbaik Atlet Indonesia di Olimpiade 2016
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi/Liliyana (REUTERS)

VIVA.co.id – Kontingen Indonesia akhirnya kembali mendapatkan kepingan medali emas dari ajang Olimpiade Rio 2016. Bukan hanya itu, beberapa prestasi membanggakan juga dicapai kontingen Garuda di Rio de Janeiro.

Setelah kegagalan pada 2012 London, Indonesia akhirnya mengembalikan tradisi emas di Brasil lewat cabang olahraga yang langganan memberikan medali emas, bulutangkis. 

Penampilan gemilang ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, menjadi salah satu momen paling indah yang dicapai oleh kontingen Indonesia. Pujian dari masyarakat pun berhamburan.

Tapi, masih banyak momen indah lainnya yang direbut oleh atlet dari cabang lain. Berikut daftar momen-momen terbaik kontingen Indonesia di Brasil.

1. Kostum Defile Kontingen Indonesia Tuai Pujian

Kontingen Indonesia di pembukaan Olimpiade

Nama Indonesia sontak menjadi perhatian sejak pembukaan Olimpiade di Stadion Maracana. "Alhamdulillah, busana tradisional kontingen Indonesia dipuji dunia. Sejauh ini, busana kontingen Indonesia lah yang terbaik. Desainnya sangat keren," kata CDM Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari, Sabtu 6 Agustus 2016.

Saat Opening Ceremony Olimpiade 2016 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Sabtu 6 Agustus 2016, kontingen Indonesia memang terlihat paling ngejreng, merah-putih. Desainnya terlihat sangat unik. Tampilannya punya warna tersendiri. Lihat saja pakaian adat Lampung yang dikenakan atlet renang Yessy Yosaputra. Dengan mahkota kepala yang dikenal dengan nama siger (sigor) berwarna emas, balutan busana tradisional Lampung jadi terlihat kinclong. Yessy pun terlihat menawan.

Atraksi parad kostum karnaval kontingen Indonesia juga diperlihatkan jagoan lompat jangkit Indonesia, Maria Natalia Londa. Dengan kebaya putih dan kain emas, Londa terlihat sangat anggun. Rambutnya pun dikepang dengan gaya khas Bali. Seluruh dunia, seakan berada di Bali saat Londa melintas.

Di belakangnya, berbaris rapi para kontingen yang mengenakan jas Merah Putih bermotif burung garuda dan batik parang rancangan Prima Suci Ariani. Indonesia langsung sukses besar menaklukkan dunia. 

Cuitan para pengguna media sosial pun tak henti memuji busana para atlet yang akan mengharumkan nama bangsa. Akun twitter @daniellismore misalnya. Dia tak ragu mengatakan "#Indonesia best dressed so far #Opening Ceremony,".


2. Sri Wahyuni Raih Medali Pertama Indonesia

Atlet angkat besi Indonesia Sri Wahyuni Agustiani (kiri)

Indonesia meraih medali pertama dalam Olimpiade 2016 di Brasil dengan sekeping perak yang didapat Sri Wahyuni Agustiani dari cabang angkat besi wanita kelas 48 kilogram, Minggu 7 Agustus 2016. Sri Wahyuni menang dengan total angkatan 192 kilogram.

Hanya kalah dari atlet Thailand, Sopita Tanasan, dengan total angkatan 200 kilogram, Yuni secara mengejutkan bisa mengalahkan lifter veteran asal Jepang, Hiromi Miyake. Keberhasilan ini pun disambut euforia oleh masyarakat Indonesia.

Salah satu pujian yang meluncur datang dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. "Lifter putri Sri Wahyuni memperoleh medali perak pada Olimpiade Rio 2016. Rakyat Indonesia bangga," tulis Presiden Jokowi, seperti dalam siaran persnya, Minggu, 7 Agustus 2016.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP