Pawai Kemenangan Owi/Butet Digelar 2 Hari

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.
Sumber :
  • REUTERS/Marcelo del Pozo

VIVA.co.id – Rapat persiapan penjemputan atlet peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir bersama rombongan terus dimatangkan. Beberapa rencana mengalami perubahan seperti pawai dari Bandara Soekarno Hatta yang sebelumnya langsung menuju Istana Negara mengalami perubahan.

6 Fakta Menarik India Open, Indonesia Catat Rekor Mentereng

Acara pawai menuju Istana dan diterima Presiden Joko Widodo akan dilaksanakan Rabu pagi, 24 Agustus 2016, dari kantor Kemenpora. Kepastian itu disampaikan Menpora Imam Nahrawi bersama Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Gatot S Dewa Broto, Senin sore, 23 Agustus 2016 sore.

"Saya baru mendapat konfirmasi dari Istana bahwa Presiden akan menyambut rombongan Olimpiade pada Rabu pagi. Namun untuk acara penyambutan Selasa sore di Bandara Soekarno Hatta akan tetap dilakukan, hanya rutenya akan sampai kantor Kemenpora," kata Menpora dalam rilis yang diterima VIVA.co.id.

Ada Peran Owi/Butet di Piala Presiden Esports 2019

Menpora sore kemarin mengecek langsung persiapan penjemputan. Bus yang didatangkan dari Pemerintah Kota Bandung sudah tiba di halaman kantor Kemenpora pada Minggu kemarin. Persiapan bus ini sudah pada tahap dekorasi bodi luar yang rencananya akan mengusung tiga tema, yakni Olimpiade Brasil, PON Jawa Barat dan Road To Asian Games 2018.

Menurut Deputi IV, Gatot S Dewa Broto,  jadwal pertama, mereka akan dikirab dari bandara Soekarno-Hatta, setibanya dari Rio de Janeiro pada Selasa sore dan finish di kantor Kemenpora. Di sana mereka akan dijamu makan malam.

Jadi Runner Up Indonesia Masters, Liliyana Natsir Pamit

Besok paginya, Rabu, mulai pukul 08.30 WIB, Owi/Butet dan rekan-rekan akan diarak-arak lagi dengan kendaraan terbuka menuju Istana Negara, untuk diterima Presiden Joko Widodo.

"Semula agenda arak-arakan para Olimpian itu dijadwalkan digelar sekaligus, dari bandara menuju Istana. Namun belakangan diketahui bahwa Jokowi punya agenda lain, sehingga jadwal pertemuannya dengan Owi/Butet dan kontingen dimundurkan," kata Gatot.

Berikut rencana arak-arakan tersebut:

- Rombongan dijadwalkan mendarat di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta pada hari Selasa (23/8/2016) pukul 15.30 WIB, setelah terbang dengan Qatar Airways nomor penerbangan QR 956.

- Dari Terminal 2 mereka langsung diangkut ke Terminal 3 dengan fasilitas yang telah disiapkan pihak PT Angkasa Pura. Di sanalah upacara penyambutan secara resmi akan dilakukan, dipimpin langsung oleh Menpora Imam Nahrawi, serta diikuti sejumlah pejabat/pengurus olahraga.

- Acara di Teras Gate 2 Terminal 3 itu diperkirakan berlangsung selama 45-60 menit. Setelah itu rombongan atlet dan ofisial akan meninggalkan bandara dengan kendaraan terbuka (yang didatangkan dari Bandung). Peraih medali emas, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, ditempatkan di bagian atas.

- Pada pukul 17.15 WIB, bus dan rombongan mulai bergerak ke tengah ibukota melalui jalan tol, keluar di pintu Semanggi, lalu berputar di jembatan TVRI, mengitari kawasan Gelora Bung Karno mulai Hotel Mulia, lampu merah Hotel Fairmont, FX Plaza, Hotel The Sultan, JCC, dan finis di kantor Kemenpora.

- Rabu (24/8) pagi, arak-arakan dimulai jam 08.30 WIB dari kantor Kemenpora menuju Pintu VII GBK Senayan, menuju Jln. Sudirman, Jln. MH. Thamrin, dan langsung ke Istana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya