9 Negara Ini Baru Raih Emas Pertama di Olimpiade

Monica Puig, peraih medali emas tenis tunggal putri Olimpiade 2016
Sumber :
  • REUTERS/Toby Melville

VIVA.co.id – Olimpiade Rio 2016 telah berakhir. Lebih dari 200 negara mengikuti ajang bergengsi olahraga empat tahunan tersebut. 

Peraih Medali Emas Olimpiade Tersandung Kasus Doping, Pilih Pensiun

Dari jumlah itu, hanya ada 59 negara yang berhasil meraih emas. Dari jumlah tersebut, ada 9 negara yang baru pertama kali meraih emas di Olimpiade. 

Tentu saja kemenangan tersebut disambut istimewa oleh negara peraih emas itu. Bahkan, sampai ada negara yang memberikan libur nasional, ketika atlet mereka tiba di negaranya. 

Sri Wahyuni, 'Wonder Woman' di Pentas Olimpiade

Kemudian ada juga yang mengirimkan pesawat pribadi untuk menjemput atlet pulang ke negaranya dari Brasil. Selain itu, tentu saja sang peraih emas akan mendapatkan hadiah bonus yang berlimpah. 

Berikut sembilan negara peraih emas pertama di Olimpiade, dikutip dari BBC.

Peraih Medali Olimpiade Diskors karena Hina Islam

Fiji
Tim Seven Rugby Fiji berhasil meraih emas, setelah  berhasil mengalahkan Inggris di final. Toko-toko dan bank pun kemudian tutup untuk merayakan kemenangan. Perdana Menteri Fiji, Voreqe Bainimarama, mengumumkan hari libur nasional dan menyediakan bus gratis bagi siapa saja yang akan pergi merayakan di stadion nasional, ketika tim Rugby Seven pulang. 

Yordania
Atlet taekwondo Yordania, Ahmad Abughaush, berhasil mengalahkan taekwondoin Rusia, Alexey Denisenko, di final kelas 68kg. Ia pun berhasil meraih emas pertama bagi negaranya. Raja Yordania, Abdullah II, menelepon mahasiswa berusia 20 tahun ini untuk mengucapkan selamat. Raja pun kemudian mengirimkan pesawat pribadi untuk menjemput Ahmad. 

Bahrain
Atlet halang rintang 3000 meter putri, Ruth Jebet, berhasil memberikan emas pertama bagi Bahrain. Putra raja Bahrain sekaligus Ketua Komite Olimpiade Bahrain, Sheikh Nasser Bin Hamada al-Khalifa, langsung mengungkapkan kegembiraan di media sosialnya. 

Singapura
Joseph Schooling berhasil mengalahkan idolanya Michael Phelps dalam renang gaya kupu-kupu 100 meter. Schooling pun memberikan emas pertama bagi Singapura. Warga Singapura akan turun ke jalan untuk pawai menyambut kepulangan Schooling. Uniknya lagi, saat Olimpiade Beijing 2008, Schooling sempat berfoto dengan Phelps. Foto itu kemudian menjadi viral di media sosial.

Kosovo
Atlet Judo Kosovo, Majlenda Kelmindi, tidak bisa menahan air matanya ketika meraih emas di kategori 52 kg Judo perempuan. Emas itu sekaligus yang pertama bagi Kosovo. Perdana Menteri Kosovo, Isa Mustafa, menyambut kedatangan Kelmindi di bandara, ketika tiba dari Brasil. 

Selanjutnya, Vietnam...



Vietnam

Atlet menembak Hoang Xuan Vinh menerima bonus luar biasa dari pemerintah Vietnam, karena menyumbangkan emas pertama kali bagi negaranya. Ia akan menerima $100.000 (sekitar Rp13 miliar). Jumlah tersebut setara dengan 50 kali pendapatan rata-rata nasional Vietnam.

Tajikistan
Dilshod Nazarov menyumbangkan emas pertama bagi negaranya setelah merdeka pada 1991. Ia menyumbangkan emas melalui cabang lempar martil. Presiden Tajikistan, Emomali Rahmin, akan memberinya gelar tertinggi yaitu, Pahlawan Tajikistan.

Puerto Rico
Monica Puig menyumbangkan emas melalui cabang tenis tunggal putri. Ia mengalahkan petenis nomor 2 dunia, Angelique Kerber, dari Jerman. 

Pantai Gading
Pantai Gading meraih emas pertamanya di Olimpiade melalui atlet taekwondo Cheick Sallah Cisse di kelas 80 kg. Ia mengalahkan atlet Inggris, Lutalo Muhammad. 

Atlet Independen
Fehaid Aldeehani adalah atlet pertama yang menyumbangkan emas bagi kontingen Independen Olimpiade. Ia menyumbangkan emas melalui cabang menembak. Fehaid sebenarnya adalah warga negara Kuwait. Namun, Kuwait dilarang tampil oleh Komite Olimpiade Internasional. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya