TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

9 Negara Ini Baru Raih Emas Pertama di Olimpiade

Atlet penyumbang emas di Olimpiade Rio, mendapatkan hadiah istimewa.
9 Negara Ini Baru Raih Emas Pertama di Olimpiade
Monica Puig, peraih medali emas tenis tunggal putri Olimpiade 2016 (REUTERS/Toby Melville )

VIVA.co.id – Olimpiade Rio 2016 telah berakhir. Lebih dari 200 negara mengikuti ajang bergengsi olahraga empat tahunan tersebut. 

Dari jumlah itu, hanya ada 59 negara yang berhasil meraih emas. Dari jumlah tersebut, ada 9 negara yang baru pertama kali meraih emas di Olimpiade. 

Tentu saja kemenangan tersebut disambut istimewa oleh negara peraih emas itu. Bahkan, sampai ada negara yang memberikan libur nasional, ketika atlet mereka tiba di negaranya. 

Kemudian ada juga yang mengirimkan pesawat pribadi untuk menjemput atlet pulang ke negaranya dari Brasil. Selain itu, tentu saja sang peraih emas akan mendapatkan hadiah bonus yang berlimpah. 

Berikut sembilan negara peraih emas pertama di Olimpiade, dikutip dari BBC.

Fiji
Tim Seven Rugby Fiji berhasil meraih emas, setelah  berhasil mengalahkan Inggris di final. Toko-toko dan bank pun kemudian tutup untuk merayakan kemenangan. Perdana Menteri Fiji, Voreqe Bainimarama, mengumumkan hari libur nasional dan menyediakan bus gratis bagi siapa saja yang akan pergi merayakan di stadion nasional, ketika tim Rugby Seven pulang. 

Yordania
Atlet taekwondo Yordania, Ahmad Abughaush, berhasil mengalahkan taekwondoin Rusia, Alexey Denisenko, di final kelas 68kg. Ia pun berhasil meraih emas pertama bagi negaranya. Raja Yordania, Abdullah II, menelepon mahasiswa berusia 20 tahun ini untuk mengucapkan selamat. Raja pun kemudian mengirimkan pesawat pribadi untuk menjemput Ahmad. 

Bahrain
Atlet halang rintang 3000 meter putri, Ruth Jebet, berhasil memberikan emas pertama bagi Bahrain. Putra raja Bahrain sekaligus Ketua Komite Olimpiade Bahrain, Sheikh Nasser Bin Hamada al-Khalifa, langsung mengungkapkan kegembiraan di media sosialnya. 

Singapura
Joseph Schooling berhasil mengalahkan idolanya Michael Phelps dalam renang gaya kupu-kupu 100 meter. Schooling pun memberikan emas pertama bagi Singapura. Warga Singapura akan turun ke jalan untuk pawai menyambut kepulangan Schooling. Uniknya lagi, saat Olimpiade Beijing 2008, Schooling sempat berfoto dengan Phelps. Foto itu kemudian menjadi viral di media sosial.

Kosovo
Atlet Judo Kosovo, Majlenda Kelmindi, tidak bisa menahan air matanya ketika meraih emas di kategori 52 kg Judo perempuan. Emas itu sekaligus yang pertama bagi Kosovo. Perdana Menteri Kosovo, Isa Mustafa, menyambut kedatangan Kelmindi di bandara, ketika tiba dari Brasil. 

Selanjutnya, Vietnam...

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP