TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Angka-angka Menarik Jelang Balapan F1 GP Italia

Hamilton berpeluang menyamai rekor Ayrton Senna.
Angka-angka Menarik Jelang Balapan F1 GP Italia
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, di depan rekannya, Nico Rosberg (REUTERS/Laszlo Balogh)

VIVA.co.id - Balapan Formula 1 (F1) akan kembali digelar pada Minggu 4 September 2016. Ajang balapan jet darat yang bakal memasuki seri ke-14 pada musim ini, akan berlangsung di Italia.

Para pembalap nantinya akan melangsungkan balapan di Sirkuit Monza. Dalam lintasan balap sepanjang 5.793 km itu, mereka akan melakoni balapan sebanyak 53 lap, atau setara dengan 306.72 km.

Seri ini menjadi momentum bagi Lewis Hamilton mempertahankan posisinya di puncak klasemen pembalap. Kini, pembalap Mercedes itu sukses meraup 232 poin atau unggul 9 poin dari rekan setimnya, Nico Rosberg, yang ada di posisi dua.

Selain itu, andai keluar sebagai juara pada seri ini Hamilton akan menorehkan kemenangan ke-50 dalam kariernya sebagai pembalap F1. Pembalap asal Inggris ini juga berpeluang menyamai sebuah rekor dalam hal posisi pole di GP Italia.

Andai sang juara bertahan bisa menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi, dia akan jumlah pole Juan Manuel Fangio dan Ayrton Senna di Monza. Sebelum menyaksikan jalannya balapan, ada beberapa angka-angka menarik di GP Italia yang dirangkum dari situs resmi F1.

Berikut angka-angka menarik F1 GP Italia:

37: Jumlah pembalap yang pernah naik podium di GP Italia dengan membela tim Ferrari

83: Jumlah pembalap Italia yang pernah memulai sebuah balapan Grand Prix

23: Jumlah total pit stop dalam GP Italia 2015.

18: Ferrari sudah 18 kali menangi GP Italia. Tim pabrikan asal Negeri Pizza itu mengalahkan McLaren yang baru meraih 10 kemenangan dan Williams dengan 6 kemenangan.

11:  Posisi start terendah yang ditempati pembalap saat meraih kemenangan di Italia, juga terjadi pada balapan 1971 atas nama Peter Gethin untuk BRM.

6: Fernando Alonso sudah 6 kali naik podium di GP Italia. Dia masih kalah dari legenda F1, Michael Schumacher yang sudah 8 kali meraih podium.

5: Jumlah terbanyak posisi pole di Italia, yang dipegang oleh Juan Manuel Fangio dan Ayrton Senna. Lewis Hamilton bisa menyamai pencapaian keduanya andai menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi.

4: Jumlah pembalap Italia yang pernah menang dalam balapan kandangnya. Ludovico Scarfiotti adalah yang terakhir pada 1966.

358,3 (km/jam): Kecepatan maksimal yang terekam di speed trap Monza pada GP Italia tahun lalu. Pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen, yang menorehkan kecepatan tersebut.

247 (km/jam): Kecepatan rata-rata yang pernah dicatatkan oleh pembalap Ferrari Michael Schumacher di sirkuit yang menjadi balapan tercepat dalam sejarah F1, GP Italia 2003 di Monza.

2,1 (detik): Waktu pit stop paling cepat, yang tercatat dalam balapan tahun lalu di Monza, yang ditorehkan oleh Daniil Kvyat bersama Red Bull.

0,61 (detik): Rentang waktu antara enam pembalap pertama yang melintasi garis finis di akhir GP Italia 1971, menjadikannya finis paling ketat dalam sejarah F1.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP