TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Upacara Pembukaan dan Penutupan PON Habiskan Rp90 Miliar

Jumlah tersebut sudah termasuk persiapan selama dua tahun.
Upacara Pembukaan dan Penutupan PON Habiskan Rp90 Miliar
Kesiapan Stadion GLBA Bandung Untuk Pembukaan PON XIX (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

VIVA.co.id – Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat tak lama lagi akan bergulir. Rencananya, upacara pembukaan PON akan digelar 17 September 2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). 

Sekretaris Umum PB PON Jawa Barat, Ahmad Khadadi mengatakan, upacara pembukaan dan penutupan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp90 miliar. Jumlah tersebut sudah termasuk persiapan selama dua tahun sebelumnya.

"Anggaran itu juga termasuk persiapan selama dua tahun sebelumnya, seperti latihan yang melibatkan penari profesional dan tiga ribu mahasiswa," kata Ahmad saat konferensi pers di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta, kemarin.

Menurut Ahmad, jumlah anggaran tersebut juga telah disesuaikan dengan kebutuhan. Ahmad menjelaskan, persiapan yang dilakukan adalah, penataan multi-media, penataan panggung dan lampu serta pesta kembang api. 

"Upacara pembukaan dan penutupan saja menghabiskan anggaran Rp30 miliar. Jadi, Rp90 miliar merupakan anggaran total, termasuk persiapannya," imbuh Ahamd. 

PB PON menerima bantuan sebesar Rp60 miliar dari Kemenpora untuk penyelenggaran pesta olahraga terbesar di Indonesia ini. Nantinya PON akan mempertandingkan 44 cabang olahraga.

"Pemerintah Provinsi Jawa Barat menganggarkan Rp3,2 triliun untuk penyelenggaraan PON dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dana tersebut digunakan untuk membangun venue dan akses arena di kabupaten-kabupaten dan kota lokasi penyelenggaraan PON," terang Ahmad.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP