TUTUP
TUTUP
SPORT

Perusahaan Media AS Umumkan Pembelian F1

F1 akan berpindah tangan musim depan.
Perusahaan Media AS Umumkan Pembelian F1
Pembalap F1 berlaga di GP Hungaria. (REUTERS/Laszlo Balogh)

VIVA.co.id – Desas desus penjualan saham Formula 1 (F1) akhirnya menemui titik terang. Liberty Media setuju untuk membeli kepemilikan saham dari Delta Topco dan CVC Capital Partners yang telah menaungi F1 sejak 2005.

Akuisisi Liberty Media untuk F1 melibatkan dana yang mencapai $4,4 miliar atau setara Rp57,7 triliun. Untuk sementara, pihak Liberty Media dikabarkan telah menguasai 18,7 persen saham F1.

Perusahaan Amerika Serikat tersebut akan melunasi pembayaraan pada kuartal pertama 2017. Nantinya, Liberty Media akan menguasai 35,5 persen saham dari F1 dan menjadi pemilik baru perusahaan balapan jet darat tersebut.

"Kami sangat gembira menjadi bagian dari Formula One (F1)," ujar CEO Liberty Media, Greg Maffei, seperti dilansir Autosport.

"Kami rasa perspektif jangka panjang kami dan keahlian dengan aset media dan olahraga akan memungkinkan kami menjadi pengurus Formula One yang baik serta menguntungkan penggemar, tim dan pemegang saham kami," jelasnya.

Bernie Ecclestone yang sudah mengurus F1 selama 40 tahun, akan tetap dipertahankan oleh Liberty Media dan dijadikan sebagai CEO. Namun, perusahaan yang dimiliki oleh miliuner Amerika Serikat (AS), John Malone, itu akan menempatkan Chase Carey, yang saat ini menjabat sebagai wakil kepala 21st Century Fox, sebagai pemimpin baru perusahaan F1. (one)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP