TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

11 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP San Marino

Lorenzo dan Marquez menjadi pemenang terbanyak di MotoGP San Marino.
11 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP San Marino
Valentino Rossi memimpin jalannya balapan.

VIVA.co.id – Balapan MotoGP akan kembali tersaji pada akhir pekan ini, Minggu 11 September 2016. Ajang balapan motor kasta pertama ini sudah memasuki seri ke-13, dan akan berlangsung di San Marino.

Para pembalap akan melakoni balapan di Sirkuit Misano, dan akan berlangsung sebanyak 28 lap. Seri ini menjadi peluang bagi Valentino Rossi untuk memperpendek selisih poin dengan sang pemuncak klasemen, Marc Marquez.

Rossi yang berada di posisi 2 kalah 50 poin dari Marquez dari 12 seri yang sudah dilakoni. Peluang Rossi memang ada untuk meraih kemenangan, terlebih ini merupakan kandang bagi pembalap asal Italia tersebut.

Pembalap berusia 37 tahun itu sudah mengemas 3 kemenangan di GP San Marino. Sedangkan Marquez merupakan pemenang di Misano pada musim lalu, dan itu menjadi kemenangan perdananya di Misano untuk kelas MotoGP.

Sedangkan Jorge Lorenzo merupakan pembalap dengan catatan paling apik di GP San Marino. Dia 3 kali menang dan 2 pole position. Sebelum menyaksikan sengitnya balapan, kita simak beberapa fakta menarik dari GP San Marino yang dirangkum dari situs MotoGP.

Fakta-fakta Menarik MotoGP San Marino:

1. Pembalap tersukses pada GP San Marino di Sirkuit Misano sejak kembali digelar pada 2007 lalu, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Keduanya masing-masing mencatat 4 kemenangan, Lorenzo dengan 3 kali di MotoGP dan 1 di kelas 250cc. Marquez sekali di MotoGP dan 2 kali Moto2 serta sekali di 125cc.

2. Kemenangan Dani Pedrosa pada 2010, jadi kemenangan terakhir yang pernah dicatat oleh pembalap yang mengawali lomba dari pole position di Misano.

3. Sepanjang sejarah balapan MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Misano, Suzuki baru meraih 2 kali podium. Keduanya hadir di musim 2007, yakni Chris Vermeulen (finis ke-2) dan John Hopkins (ke-3).

4. Ducati baru 3 kali meraih podium di GP San Marino sejak 2007. Casey Stoner menjuarainya pada 2007, Toni Elias finis ke-3 pada 2008, dan terakhir diraih Valentino Rossi dengan podium ke-2 pada 2012.

5. Yamaha menjadi tim tersukses di kelas MotoGP sejak Misano kembali menggelar balapan pada 2007 lalu dengan 6 kemenangan. Sedangkan Honda baru mengemas 2 kemenangan dan Ducati baru sekali.

6. Selama periode 1980-1993, Sirkuit Misano total telah menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Balap GP Motor selama 10 kali.

7. Ini akan menjadi balapan edisi ke-20 Sirkuit Misano, yang telah berganti nama dengan Misano World Circuit Marco Simoncelli dalam menyelenggarakan balap MotoGP.

8. Balapan perdana GP Motor di Sirkuit Misano berlangsung pada 1980. Saat itu, lomba kelas 500cc menempuh 40 putaran dengan panjang lintasan 3,448 km dan arah berlawanan jarum jam dengan Kenny Roberts sebagai pemenangnya.

9. Sirkuit Misano sempat berhenti menggelar balapan GP, sejak 1994. Itu terjadi karena insiden kecelakaan fatal yang menyebabkan karier Wayne Rainey berakhir pada 1993 karena mengalami lumpuh.

10. Misano kembali menjadi tuan rumah penyelenggara balapan GP Motor pada 2007. Total panjang lintasan Sirkuit Misano direvisi menjadi 4,18 kilometer dan searah jarum jam.

11. Kemenangan Marc Marquez pada musim lalu di kelas MotoGP, jadi kemenangan pertama Honda di sana sejak terakhir kalinya dicatat pada 2010 melalui Dani Pedrosa. (one)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP