Rio Haryanto Berpeluang Tampil di F1 2017

Pembalap muda Indonesia, Rio Haryanto.
Sumber :
  • Manor Racing Media

VIVA.co.id – Pembalap Indonesia yang sempat berlaga di ajang Formula 1, Rio Haryanto, ternyata sudah memiliki sponsor. Sayangnya, kesepakatan mereka dengan sponsor swasta asal Asia itu terlambat sepekan dari kesepakatan kontrak Esteban Ocon dengan Manor Racing.

Lewis Hamilton Masih Betah di Mercedes, Meski Mobilnya Kalah Kencang

Di F1 musim 2016, Rio hanya sempat turun balapan di 12 seri. Karena tak mampu melunasi kekurangan uang pembayaran kursi di mobil MRT-05 milik Manor sebesar 7 juta euro, Rio pun harus angkat kaki lebih cepat dari kontrak awal, yakni untuk 1 musim.

Akan tetapi, Piers Hunnisett selaku manajer Rio membeberkan fakta mengejutkan. Dia mengaku, pembalap asal Surakarta tersebut sebenarnya bisa melanjutkan karier di F1 hingga akhir musim nanti.

Audi Bersiap Turun di Formula 1 Lewat Sauber

"Ada beberapa sponsor komersial, tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga Asia, 1 dari Jepang dan 1 dari Thailand. Semuanya datang bersamaan, tetapi sayang itu sudah terlambat," kata Hunnisett seperti dilansir Autosport.

"Beberapa pihak datang untuk membantu, dan bertanya kepada kami bagaimana cara mereka untuk membantu. Uang sudah diberikan, tetapi Ocon sudah lebih dulu sepakat (dengan Manor). Kami terlambat sepekan," lanjutnya.

Larissa Chou Diisukan akan Dinikahi Rio Haryanto, Ini Mulanya

Diakui oleh Hunnisett, sejak ramai pemberitaan karier Rio di ajang adu kebut jet darat terhenti, banyak pihak yang kemudian mencoba memberi dukungan. Mereka bertanya mengapa pembalap asal Surakarta tersebut tak tampil lagi.

Selama ini, manajemen Rio selalu berharap bantuan dari pemerintah dalam hal ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang berjanji siap membantu. Namun, upaya mereka memberi bantuan sebesar Rp100 miliar tak diberi izin oleh Komisi X DPR RI.

Dengan banyaknya dukungan sponsor yang didapat oleh Rio, Hunnisett pun optimistis di musim depan pembalapnya itu akan kembali mengaspal di F1. Apalagi, pasar Asia sudah melihat betapa popularitas Rio amat baik.

"Kami terus bekerja untuk musim berikutnya, dan kami optimistis dengan situasi sekarang ini bisa terus berkembang," tegasnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya