TUTUP
TUTUP
SPORT

DKI Jakarta Targetkan Jadi Juara Umum PON XIX

DKI Jakarta kirim 915 atlet untuk PON Jawa Barat.
DKI Jakarta Targetkan Jadi Juara Umum PON XIX
Pelepasan kontingen Kontingen PON XIX dari DKI Jakarta (VIVA.co.id/Ade Alfath)

VIVA.co.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, secara resmi melepas rombongan kontingen DKI Jakarta yang akan berlaga di PON XIX/2016 Jawa Barat, Kamis 15 September 2016. Kontingen yang berangkat terdiri dari 915 atlet, 343 ofisial dan 62 ekstra ofisial.

Dalam sambutannya, Djarot berharap agar para atlet mampu meraih prestasi tertinggi yaitu juara umum pada PON edisi kali ini. Sehingga hal itu menunjukkan jika atlet di Jakarta betul-betul dibina.

"DKI itu juara bertahan, PON 18 Riau kita juara umum. Dari 19 kali PON, DKI juara umum 11 kali. Maka tentu saja tergetnya juara umum," kata Djarot di Balai Kota Jakarta.

Menurut Djarot, PON kali ini merupakan sasaran untuk menyongsong Asian Games 2018. Untuk itu, dia berpesan agar perwakilan DKI Jakarta menjunjung  unsur sportifias, orientasi pada prestasi, dan objektifitas menjadi nilai utama.

"Kami tidak mengarah, menjadikan DKI gengsinya naik karena juara umum, tidak. DKI gengsinya naik apabila bisa juara Asian Games," kata dia.

Meski acara pembukaan PON 2016 baru akan dilangsungkan besok. Namun, ada beberapa cabang olahraga yang sudah lebih dulu dipertandingkan, seperti sepakbola, renang, dan futsal.

Dan sejauh ini, DKI sudah membukukan 1 medali emas dan 1 medali perak dari cabang renang 100 meter gaya dada putra. Gagarin Nathaniel Yus menempati posisi pertama disusul oleh Dennis Tiwa di tempat kedua.

Djarot pun memberi apresiasi tinggi kepada atlet renang tersebut. Dia menilai penampilan mereka luar biasa, mengingat tekanan dari publik tuan rumah begitu besar.

Saya tadi malam sempat menyaksikan perjuangan heroik atlet renang kita, Gagarin meski ditekan tapi mampu meraih medali emas," kata Djarot.

Ketua KONI DKI Jakarta, Raja Sapta Ervian memberi tanggapan senada. Dia berharap medali emas yang disabet oleh Gagarin mampu menularkan semangat tinggi kepada kontingen dari cabang olahraga lainnya.

"Apapun yang dilakukan tim lawan, kita harus tetap fokus dan lakukan yang terbaik untuk DKI Jakarta.  Emas dari cabang renang harus jadi motivasi kuat untuk emas berikutnya," harap pria yang akrab disapa Eyi tersebut.

PON 2016 ini adalah ajang olahraga nasional utama yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat, dari tanggal 17 sampai 29 September 2016.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP