TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

10 Fakta Menarik Jelang Balapan F1 GP Singapura

Mercedes gagal raih podium di musim lalu.
10 Fakta Menarik Jelang Balapan F1 GP Singapura
Pembalap Tim Mercedes, Lewis Hamilton (REUTERS/Dominic Ebenbichler)

VIVA.co.id - Balapan Formula 1 (F1) akan kembali tersaji di akhir pekan ini, mulai Jumat 16 September hingga Minggu 18 September 2016. Seri ke-15 adu balap jet darat ini akan berlangsung di Singapura.

Balapan akan berlangsung di Sirkuit Marina Bay, dan nantinya para pembalap akan melakoni 61 lap atau setara dengan 308,828 km. Duo pembalap asal Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, masih menjadi favorit di seri ini.

Itu menyusul hasil apik dari keduanya dalam seri-seri sebelumnya, di mana Hamilton menorehkan 6 kemenangan dan Rosberg dengan 7 kali meraih podium utama. Meskipun raihan mereka di GP Singapura 2015 tak begitu bagus.

Hamilton gagal finis karena mengalami masalah pada mesin mobilnya, sedangkan Rosberg finis di posisi 4. Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, keluar sebagai pemenangnya.

Selain Ferrari, Red Bull juga akan menjadi ancaman berat bagi Mercedes. Tercatat, mereka menjadi penguasa di GP Singapura dengan 9 kali meraih podium.

Masih banyak fakta menarik lainnya, yang menarik untuk disimak. Berikut fakta-fakta menarik di GP Singapura, yang dirangkum dari situs resmi F1.

1. Nico Rosberg selalu gagal meraih podium kemenangan di GP Singapura, sejak balapan dimulai pada 2008 silam.

2. Jumlah tikungan di Sirkuit Jalan Raya Marina Bay ada 23 tikungan, jumlah tersebut lebih banyak daripada sirkuit lain yang ada kalender F1 saat ini.

3. Empat dari lima tahun terakhir, pembalap yang memenangkan GP Singapura berhasil menyelesaikan musim sebagai juara.

4. Saat ini Red Bull tercatat sebagai pembalap dengan jumlah podium terbanyak; 9 podium. Diikuti Ferrari (5) dan McLaren (4), dan Mercedes baru sekali.

5. Hanya ada 3 pembalap yang pernah menang di Sirkuit Marina Bay. Uniknya,3 pembalap tersebut juga pernah mencatatkan diri sebagai juara dunia; Fernando Alonso (2 kali), Sebastian Vettel (4 kali), dan Lewis Hamilton (2 kali).

6. Ada 9 pembalap berbeda telah merasakan podium GP Singapura. Mereka adalah Sebastian Vettel, Lewis Hamilton, Fernando Alonso, Kimi Raikkonen, Daniel Ricciardo, Timo Glock, Jenson Button, Mark Webber, dan Nico Rosberg.

7. Setiap pembalap setidaknya akan kehilangan 3 kg bobot tubuhnya selepas balapan GP Singapura. Hal ini lantaran cuaca panas dan lembab di Singapura.

8. Fernando Alonso hanya terpaut 0,293 detik dari Vettel saat memenangi GP Singapura pada 2010. Jarak antara pemenang 1 dan 2 ini jadi yang paling pendek dalam sejarah GP Singapura di Sirkuit Marina Bay.

9. Vettel unggul jauh 32,627 detik saat menjuarai GP Singapura 2013 atas Alonso yang finis di posisi 2. Ini jadi jarak terjauh dalam balapan GP Singapura.

10. Felipe Massa jadi satu-satunya pembalap sejauh ini yang start dari pole position pada GP Singapura, namun gagal jadi pemenang. Ini terjadi pada 2008, di mana Massa finis di posisi 13. (one)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP