TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Upacara Pembukaan PON XIX Semarak dan Meriah

Parade kembang api dan kesenian khas Jawa Barat jadi daya tarik acara.
Upacara Pembukaan PON XIX Semarak dan Meriah
Upacara Pembukaan PON XIX Jawa Barat 2016 (Antara/M Agung Rajasa)

VIVA.co.id – Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional XIX tahun 2016 berlangsung meriah di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Bandung, Jawa Barat. Berbagai acara turut menambah semarak menandai dimulainya ajang multievent nasional terbesar tersebut, Sabtu malam WIB 17 September 2016.

Hadir dalam acara ini Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo beserta Ibu Negara, Iriyani Joko Widodo yang juga turut di dampingi oleh sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. Kemeriahan pun dibuka dengan parade kembang api di langit Stadion GBLA.

Upacara Pembukaan PON XIX Jawa Barat 2016

Sejumlah tarian yang melibatkan 150 penari dan pertunjukan kesenian khas Jawa Barat, hadir menyapa para penonton dan tamu undangan. Rangkaian agenda pun dilanjutkan dengan parade defile kontingen yang dimulai dengan deretan para legenda olahraga nasional.

Susy Susanty, Alan Budikusuma, Ade Rai, Taufik Hidayat, Krisna Bayu dan sejumlah legenda lainnya mengawali rangkaian agenda defile kontingen pada upacara pembukaan tersebut. Penampilan para atlet dari 34 Provinsi yang akan bertanding dengan diakhiri oleh defile kontingen Jawa Barat sebagai armada tuan rumah PON XIX.

Pidato laporan kegiatan penyelenggaraan PON XIX yang disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan pengibaran bendera yang disertai pembacaan janji atlet dan wasit menandai dengan resmi dimulainya persaingan ajang yang mengusung tema "Berjaya di Tanah Legenda" tersebut.

Pada perhelatannya kali ini, panitia PON XIX telah mempersiapkan sebanyak 62 venue pertandingan dengan tersebar di sebagian besar wilayah Provinsi Jawa Barat. Konsep modern yang menonjolkan kearifan budaya lokal pun menjadi keunggulan dari pergelaran upacara pembukaan PON XIX ini.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP