PON 2016 Jadi Ajang Siman Sidartawa Tambah Jam Terbang

Atlet renang, I Gede Siman Sidartawa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riki Ilham Rafles

VIVA.co.id – Cabang olahraga renang di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat berlangsung ketat. Sebab, banyak atlet pelatnas Indonesia yang turun pada ajang olahraga empat tahunan ini.

Reza Rahadian Akui Sempat Jadi Atlet Renang Profesional Sebelum Terjun Akting

Dalam kontingen DKI Jakarta ada I Gede Siman Sidartawa. Dia mengaku keikutsertaan dalam PON 2016 untuk menambah jam terbang sebelum turun di Asian Games Palembang-Jakarta 2018 mendatang.

"Karena saya sprinter, jadi lebih banyak latih tanding lebih bagus. Saya kan (tanding di) 50 dan 100 meter. Saya perlu juga bertanding di pertandingan besar seperti PON ini," ujar Siman saat ditemui di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung.

Film Glo, Kau Cahaya Ajarkan Tentang Semangat dan Perjuangan

Untuk atlet sekelas Siman, bertanding di PON tentu tidak terlalu berat tantangannya. Namun, jika memaksakan bertanding di luar negeri, dia mengaku tidak memiliki dana yang cukup.

"Jadi nyari duit buat dapat budget dari luar. Target selanjutnya saya Asian Games tapi menuju ke sana kan perlu banyak pertandingan yang banyak apalagi saya sprinter. Untuk melengkapi itu terpaksa saya mesti mengejar di sini dalam hal finansial," ujarnya menambahkan.

Keren, Atlet Renang Korsel Ini Dapat Dukungan Jennie Blackpink

Berlaga di PON 2016, Siman memasang target merebut tujuh medali emas. Namun, sejauh ini dia baru membukukan dua medali emas, dua medali perak, dan satu medali perunggu.

Siman masih menyisakan dua nomor lagi, yakni 200 meter gaya punggung dan estafet gaya ganti beregu. Dia menyadari, di nomor perorangan akan mendapat persaingan ketat dari perenang Jabar. "Estafet mudah-mudahan bisa, karena timnas di situ semua."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya