TUTUP
TUTUP
SPORT

10 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Aragon

Pembalap Spanyol masih mendominasi di GP Aragon.
10 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Aragon
Pembalap Yamaha, Valentino Rossi.

VIVA.co.id - Balapan MotoGP akan kembali berlangsung pada akhir pekan ini, Minggu, 25 September 2016. Ajang balapan motor kasta pertama ini sudah memasuki seri ke-14 dan akan berlangsung di Aragon, Spanyol.

Dalam balapan yang akan berlangsung di Sirkuit Aragon nanti, para pembalap akan melakoni balapan sebanyak 23 lap. GP Aragon sendiri didominasi oleh para pembalap Spanyol.

Sejak awal penyelenggaraannya pada 2010 lalu, 13 balapan selalu dimenangi oleh pembalap tuan rumah dari 18 balapan yang sudah berlangsung di semua kelas. Pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, menjadi pembalap terbanyak dengan dua kemenangan.

Tetapi balapan di musim ini cenderung sulit untuk diprediksi, terbukti dengan  menghadirkan delapan pembalap berbeda di podium pertama dalam delapan seri terakhir. Banyak fakta-fakta menarik jelang balapan GP Aragon, berikut yang dilansir oleh situs resmi MotoGP:

1. Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez belum pernah naik podium teratas dalam enam kesempatan terakhir balapan MotoGP di Spanyol. Kemenangan terakhirnya dalam balapan di Spanyol adalah pada balapan terakhir 2014 di Valencia.

2. Marc Marquez sudah melewati empatbalapan terakhir tanpa finis di posisi satu atau dua. Itu adalah yang pertama untuknya setelah tampil di kelas MotoGP.

3. Aragon adalah satu dari tiga sirkuit musim ini yang belum pernah bisa dimenangi Valentino Rossi di kelas primer; dua lainnya adalah di Austin dan di Red Bull Ring.

4. Aragon mulai menggelar balapan grand prix pada 2010. Aragon saat itu pun menjadi sirkuit ke-6 yang dipergunakan untuk balapan GP di Spanyol, sirkuit lainnya adalah Jerez, Catalunya, Jarama, Montjuich, dan Valencia.

5. Casey Stoner memenangi balapan MotoGP pertama di Aragon pada 2010 bersama Ducati. Dalam 3 musim beruntun setelah itu podium teratas Aragon selalu ditempati rider Honda (termasuk Stoner di 2011).

6. Untuk dua musim terakhir Jorge Lorenzo menjadi pemenang di Aragon.

7.  Rider-rider Spanyol sudah memenangi 13 dari 18 balapan seluruh kelas di Aragon. Rider non-Spanyol yang pernah menang di sana adalah Stoner ( MotoGP 2010 & 2011), Andrea Iannone (Moto2 2010), Romano Fenati (Moto3 2014), dan Miguel Oliveira (Moto3 2015).

8. Selain kemenangan Stoner di 2010, finis podium dari seorang rider Ducati adalah; tiga dari Nicky Hayden di 2010 dan tiga untuk Cal Crutchlow di 2014.

9. Hasil terbaik Suzuki di Aragon adalah finis di posisi enam: pada 2011 dengan Alvaro Bautista dan Aleix Espargaro pada tahun lalu.

10. Aragon adalah satu dari lima sirkuit di musim ini yang laju balapnya berlangsung dengan berlawanan arah jarum jam, seperti Austin, Sachsenring, Phillip Island, dan Valencia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP