PON Jawa Barat

Lifter Asal Aceh Pecahkan Rekor Nasional

Lifter asal Aceh, Nurul Akmal.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dede Idrus

VIVA.co.id – Satu rekor kembali pecah di Pekan Olahraga Nasional XIX/2016, Jawa Barat. Rekor tersebut tercipta lewat pertandingan di cabang olahraga angkat besi, nomor +75 kilogram.

Rizky Juniansyah Lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Angkat Besi Punya 2 Wakil

Adalah lifter asal Aceh, Nurul Akmal, yang berhasil mencetak rekor nasional baru. Dia sukses menorehkan catatan baru dalam angkatan clean and jerk.

Dalam pertandingan yang digelar di Gymnasium Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat 23 September 2016, Nurul berhasil mencatatkan angkatan clean and jerk hingga 133 kilogram.

Sabet Tiket Olimpiade 2024, Eko Yuli Irawan Bikin Sejarah Baru

Torehan ini lebih baik satu kilogram dari sebelumnya yang dipegang Riski Anjani, 132 kilogram.

Bukan cuma mencetak rekor, Nurul juga berhasil menyabet medali emas. Total angkatannya mencapai 233 kilogram.

Belajar dari Cedera Eko Yuli Irawan, Indonesia Harus Punya Recovery Center

"Tak pernah menyangka bisa memecahkan rekor. Tapi, sejak awal, saya memang menargetkan untuk menang. Kemenangan ini saya dedikasikan untuk keluarga dan masyarakat Aceh," kata Nurul usai laga.

Lewat prestasi tersebut, Nurul mendapatkan bonus berlimpah dari Persatuan Angkat Besi, Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) Aceh. PABBSI Aceh menggelontorkan uang Rp250 juta untuk Nurul.

Tak cuma itu, PABBSI Aceh juga berniat memberikan hadiah umrah untuk Nurul. "Pelatih juga kami berikan Rp200 juta," ujar Ketua PABBSI Aceh, Teuku Rayuan Sukma.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya