Korban Ricuh Pertandingan Hoki PON 2016 Dipastikan Dua Orang

Atlet hoki DKI Jakarta, Dadan Mochammad Ramdhani terbaring di rumah sakit
Sumber :
  • Dok. KONI DKI Jakarta

VIVA.co.id – Ketua Bidang Pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016, Yudha M Saputra, membenarkan insiden bentrok dalam pertandingan Cabang Olahraga (Cabor) Hoki antara DKI Jakarta dengan Papua Barat ada dua orang. Mereka adalah Bara Ibnu Audah dan Dadan Muhamad Ramdani.

Ingin Kembalikan Kejayaan, Pengurus PRSI DIY Harus Berbenah

Bara dilarikan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung akibat luka serius di kepala yang terkena hantaman tongkat hoki. Sementara Dadan menderita luka jahitan di kepala. Insiden di cabang hoki outdoor itu terjadi pada Sabtu malam, 24 September 2016.

"Memang benar ada dua. Yang lebih parah itu Dadan. Yang perlu penegasan itu bahwa tidak ada unsur kesengajaan. Sudah disampaikan di Chef de Mission," ujar Yudha di Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu, 25 September 2016.

Skandal Doping Olahraga Nasional Memasuki Babak Baru

Atas insiden itu, Yudha memastikan tidak ada indikasi rusuh. "Disinyalir ada unsur kekerasan, ternyata enggak. Hoki itu permainan keras," tegasnya.

Humas Media Center Stadion Si Jalak Harupat, Deni Purnama, menjelaskan insiden itu terjadi karena laga pertandingan antar kontingen berjalan penuh dengan gesekan antar pemain.

Alasan Kenapa Bonus Atlet Disabilitas PON 2016 Dipotong

"Pertandingan hoki outdoor putra antara Papua Barat melawan DKI Jakarta berjalan cukup keras, hingga terjadi insiden saling sikut antar pemain," ujar Deni, Minggu 25 September 2016.

Deni menuturkan, atlet Papua Barat yang ‘disikut’ tongkat hoki, membalas dengan memukul atlet DKI dengan alat yang sama. Balasan itu, menurut Deni, berlabuh di bagian belakang kepala pemain DKI, sehingga pada saat itu segera diboyong ke rumah sakit untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

"Atlet Papua Barat, Jeffry Waromi yang melakukan pemukulan langsung dikeluarkan dari pertandingan dan mendapat penalti tidak boleh ikut bertanding selama 3 pertandingan berikutnya," jelasnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya