TUTUP
TUTUP
SPORT

Jabar Raih Juara Umum Berkuda PON 2016

Jabar merebut 1 emas, 2 perak, 2 perunggu.
Jabar Raih Juara Umum Berkuda PON 2016
Final cabang berkuda di PON 2016

VIVA.co.id – Sebanyak 55 ekor kuda yang lolos pada babak penyisihan Rabu 16 September 2016 kembali berlaga di babak final cabang berkuda Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di venue lapang pacuan kuda Desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Babak final yang digelar sebanyak 5 kelas diikuti oleh 7 kontingen. Ke 5 kelas tersebut dilaksanakan sebanyak 5 race dengan peserta setiap race 11 ekor kuda. Kelas yang dilombakan di antaranya E. 1200 meter, D. 1400 meter, C. 1600 meter, A. 1300 meter dan A. 2.200 meter.

Berdasarkan pantauan di lapangan, pada race pertama kelas E. 1200 meter juara I dimenangkan oleh DKI Jakarta, disusul Jawa Tengah, dan Kalimantan Selatan. Sedangkan race ke dua kelas D. 1400 meter, juara ke I dimenangkan oleh Jawa Timur, disusul dua kuda asal Jawa Barat.

Di nomor E.1200 meter, kuda bernama Dewi Karangetan dengan joki A Saefudin berhasil meraih medali emas. Sementara di posisi kedua atau medali perak diraih Jawa Tengah dengan nama kuda Bella Eclips dan joki M Soleran.

Sedangkan posisi ketiga atau medali perunggu diraih Kalimantan Selatan dengan nama kuda P Blang Klatir dan Joki F Leppa.

Berdasarkan pantauan, pertandingan berlangsung sengit, kuda DKI Jakarta bersaing ketat dengan kuda dari Jawa Tengah. Namun Kuda dari DKI berhasil finis pertama disusul Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan.

Sementara pada race ketiga kelas C. 1600 meter juara I DIY Yogyakarta, disusul Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan. Untuk race keempat kelas A. 1300 meter juara I dimenangkan oleh Jawa Tengah juara, disusul Barat, dan Jawa tengah. Sedangkan race kelima kelas A. 2.200 meter juara I Jawa Barat, lalu disusul dua kuda Jawa Barat.

Di kelas C.1600 meter, kuda dengan nama Putra Minteng menjadi yang tercepat dengan Joki B Budi Yan. Sementara medali perak diraih Jawa Timur dengan nama kuda bernama Sambit dengan Joki M Himawan S. Sedangkan medali perunggu diraih kuda bernama P Preman dengan joki Franky Leppa dari Kalimantan Selatan.

Anggota DPR RI, Puti Guntur Soekarno yang hadir pada babak final ini berkenan mengalungkan medali kepada para pemenang.

Jawa Barat akhirnya keluar sebagai juara umum dengan 1 emas, 2 perak dan 2 perunggu. Di posisi selanjutnya, ada Jawa tengah dengan 1 emas, 2 perak, 1 perunggu. Disusul Jawa Timur dengan 1 emas dan 1 perak.

Berikut perolehan medali cabang berkuda nomor pacuan PON XIX Jabar selengkapnya:                             
1. Jawa Barat : 1 Emas, 2 Perak, 2 Perunggu.
2. Jawa Tengah : 1 Emas, 2 Perak, 1 Perunggu.                                             
3. Jawa Timur  : 1 Emas, 1 Perak.                    
4. DKI Jakarta : 1 Emas.                                     
5. DI Yogyakarta : 1 Emas.                                
6. Kalimantan Selatan : 2 Perunggu.   

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP