Juara di Korea, Lee Yong-dae Pamit dari Laga Internasional

Pebulutangkis Korea Selatan, Lee Yong-dae
Sumber :
  • Badmintoncn

VIVA.co.id – Turnamen Korea Open Superseries 2016 rupanya menjadi momen spesial bagi kiprah Lee Yong-dae. Ya, sukses merebut titel di hadapan para pendukungnya sendiri, pilar ganda putra andalan Negeri Ginseng tersebut menjadikan ajang tersebut sebagai kiprah terakhirnya di kancah bulutangkis internasional.

Alasan Selebrasi Emosional Leo/Daniel Usai Juara Indonesia Masters 2024

Dalam laga puncak yang digelar Minggu 2 Oktober 2016, Yong-dae yang hingga saat ini masih menjadi ganda putra nomor satu dunia bersama Yoo Yeon-Seong, berhasil merebut gelar Superseries terakhirnya dengan mengalahkan duet jangkung China, Li Junhui (195 cm) dan Liu Yuchen (193 cm) dengan rubber game, 16-21, 22-20 dan 21-18.

Sontak kemenangan itu pun disambut gembira sekaligus penuh haru oleh publik Seong-nam Indoor Stadium, Seoul, yang menyaksikan aksi pamungkas pria 28 tahun tersebut. Usai mundur dari pentas internasional, ke depannya Yong-dae akan berkiprah dalam ajang nasional dan superliga bulutangkis.

Daftar Juara Indonesia Masters 2024, China Berjaya di Jakarta

"Itu adalah pertandingan yang sangat sulit, tapi saya bangga bisa mengakhiri karier internasional dengan kinerja baik seperti ini. Dan ini yang akan menggerakkan saya untuk tetap maju ke babak baru kehidupan," kata Yong-dae usai pertandingan, dilansir Badminton Planet.

"Saat ini, saya ingin menjauh dari semua turnamen dan melihat peluang apa yang bisa diambil setelah ini," tambahnya.

Ahsan Cedera, The Daddies Terhenti di Babak 16 Besar Malaysia Open 2024

Sepanjang kariernya dalam kancah bulutangkis internasional, pemain yang pernah merebut medali emas ganda campuran Olimpiade Beijing 2008 itu sukses mengoleksi 43 gelar Superseries yang menempatkannya sebagai salah satu pemain ganda putra paling sukses sepanjang masa.

Namun, kekecewaan dan cerita kariernya pun seolah terhenti usai gagal merebut medali emas Olimpiade Rio 2016 lalu. Rekor buruk ini pun akan menjadi torehan kelam sepanjang hidupnya kala kerap gagal merebut gelar juara dunia dan emas Olimpiade di sektor ganda putra. (one)

Ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Dukungan Istora Senayan Bikin Leo/Daniel Percaya Diri di Indonesia Masters 2024

Ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mempersembahkan gelar juara Indonesia Masters 2024. Final yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, kemarin.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2024