TUTUP
TUTUP
SPORT

PON 2016, Keberhasilan Tuan Rumah dan Tekad Provinsi Debutan

PON 2016 jadi ajang pembuktian bagi Jabar dan Kaltara.
PON 2016, Keberhasilan Tuan Rumah dan Tekad Provinsi Debutan
Maskot PON XIX/2016 Jawa Barat saat acara pembukaan di Stadion GBLA (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

VIVA.co.id – Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat telah usai. Tuan rumah akhirnya sukses mewujudkan targetnya, yakni Jabar Kahiji. Proses jangka panjang mesti ditempuh oleh mereka untuk mendapatkan hasil saat ini.

Total sebanyak 531 medali mereka raup. Dengan rincian 271 medali emas, 157 perak, dan 157 perunggu. Jabar sukses mengungguli Jawa Timur yang berada di peringkat kedua dengan torehan, 132 medali emas, 138 perak, dan 134 perunggu.

Bukan hanya Jabar selaku tuan rumah yang memang terbukti sukses dengan raihan juara umum. Bagi kontingen Kalimantan Utara, PON 2016 ini menjadi debut mereka tampil di ajang olahraga paling bergengsi di Tanah Air.

Sebagai provinsi yang baru dibentuk sejak 2012 silam. Kaltara mencoba unjuk gigi di dunia olahraga. Dalam masa persiapan, berbagai masalah harus mereka hadapi.

Yang paling nyata ialah minimnya fasilitas infrastruktur untuk menggembleng atlet mereka. Akan tetapi, bagi provinsi yang berbatasan langsung dengan Malaysia itu, segala masalah yang ada tak membuat mereka berdiam diri.

Berbagai cara mereka tempuh untuk melakukan persiapan jelang PON 2016. Hasilnya pun tak terlalu mengecewakan, mereka berada di posisi ke-27 dengan raihan 3 medali emas, dan 3 perunggu.

Untuk mengetahui lebih dalam, kami melakukan wawancara secara terpisah dengan ketua kontingen PON Jabar, Mayjen TNI Hadi Prasojo dan Sekretaris KONI Kaltara, Wiyono Adie. Berikut petikan wawancaranya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP