Pelarangan Sayap Motor Buat Honda dan Ducati Perang

Pembalap Repsol-Honda, Marc Marquez.
Sumber :
  • Crash.net

VIVA.co.id – Polemik penggunaan winglet atau sayap tambahan di badan motor pada MotoGP memang sudah berakhir setelah Dorna memutuskan untuk melarang penggunaannya pada MotoGP musim 2017. Namun, ternyata persoalan tersebut masih berlanjut antara Honda dan Ducati.

Jorge Martin Wins the 2024 Portugese MotoGP

Ducati memang menjadi pencetus teknologi sayap tambahan pada motor sejak 2015. Namun, sejak insiden antara Marc Marquez di MotoGP Argentina, penggunaan sayap pada motor mulai dipertanyakan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala teknis Ducati, Gigi Dall'Igna, menuding Honda sengaja melakukan hal tersebut untuk mengurangi daya saing Ducati. Sebab, musim ini, motor pabrikan Italia itu sudah mulai mampu menyaingi performa Honda.

MotoGP Portugal 2024: Sang Juara Dunia Tabrakan dengan Marc Marquez, Jorge Matin Berjaya

Namun, wakil presiden Honda Racing Corporation, Shuhei Nakamoto, menolak anggapan tersebut. Dia malah menyerang balik Dall'Igna dengan menyebut Ducati menolak untuk bekerja sama dengan pabrikan lain agar bisa menemukan solusi terbaik tentang masalah ini.

"Kesan tentang pelarangan sayap akibat Honda menentang hal tersebut sangat tidak benar. Tidak adanya sayap motor pada musim 2017 dikarenakan Ducati sendiri," ujar Nakamoto seperti dilansir Motorsport.

Marc Marquez Makin Nyaman Hadapi Balapan MotoGP Portugal 2024 Usai Podium 2 Sprint Race

"Mereka menyebut Honda berada dibalik pelarangan ini, dan kami sebagai yang terdepan untuk melarang penggunaan sayap. Semua itu tidak benar," jelasnya.

Marc Marquez

Insiden Marc Marquez di MotoGP Portugal 2024, Federal Oil Buka Suara

Federal Oil menyayangkan insiden yang dialami oleh pembalap Tim Gresini Racing MotoGP, Marc Marquez di sisa lap MotoGP Portugal 2024, Minggu, 24 Maret.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024