TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Cara Jakarta Pikat Wisatawan

Rute yang disiapkan sekaligus untuk menonjolkan keindahan Jakarta.
Cara Jakarta Pikat Wisatawan
Jumpa Pers Mandiri Jakarta Marathon 2016 (VIVA.co.id / Anang Fajar)

VIVA.co.id – Mandiri Jakarta Marathon 2016 akan diselenggarakan bulan ini, tepatnya pada 23 Oktober mendatang. Sejumlah nomor siap ditandingkan.

Sebelum dihelatnya Mandiri Jakarta Marathon keempat kalinya ini, pihak penyelenggara mengadakan jumpa pers di Hotel Shangri-La, Jakarta. Pihak promotor bersama perwakilan sponsor turut hadir dalam press conference ini.

Acara ini adalah hasil kerja sama antara Kementerian Pariwisata dan Pemerintah DKI Jakarta. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meningkatkan nilai jual Ibu kota Jakarta sebagai destinasi wisata, baik wisatawan lokal mau pun mancanegara.

"Jakarta ini salah satu kota besar di dunia. Dengan semakin pesatnya minat masyarakat terhadap olahraga lari, menjadi simbiosis yang berdampak sangat positif bagi upaya promosi kota Jakarta," kata Chairman Jakarta Marathon 2016.

Total ada 5 nomor yang siap dilombakan, di antaranya, Marathon dengan jarak 42 Km (start pukul 05.00 WIB), Half Marathon dengan jarak 21 Km (start pukul 05.10 WIB), 10K dengan jarak 10 Km (start pukul 05.20 WIB), 5K dengan jarak 5 Km (start pukul 05:30 WIB).

Menyadari minat olahraga lari tak hanya datang dari tingkat usia dewasa, Mandiri Jakarta Marathon juga membuka nomor untuk usia anak-anak. Nomor ini akan start pada pukul 08.00 WIB.

Dengan tujuan utama untuk mempromosikan kota Jakarta, rute yang disiapkan pun dipilih untuk menonjolkan keindahan Jakarta. Seperti Kawasan Kota Tua, Museum Fatahillah, Gereja Katedral Masjid Istiqlal, Monumen Nasional (Monas) dan Bundaran Hotel Indonesia.

Rute ini telah melalui proses kalibrasi. Artinya telah memenuhi standar internasional dan telah meraih sertifikat dari Association of International Marathon and Distance Races (AIMS) dan International Association of Athletics Federations (IAAF) dengan grade A.

Monas akan dijadikan tempat start dan finis event ini. Dipilihnya monas karena bangunan bersejarah yang terletak di pusat Jakarta ini diklaim sebagai bangunan historis terpopuler kedua setelah Tembok Berlin di Jerman.

Yang menarik dari event ini adalah, bagi Anda yang ingin berpartisipasi, akan berkesempatan berlari bersama para Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sebab, beberapa di antara mereka memang memiliki hobi lari, bahkan bergabung dengan komunitas pecinta olahraga lari, seperti Agus Harimurti Yudhoyono, Sylviana Murni dan Sandiaga Uno.

Selain mengedepankan "selling point" dari Kota Jakarta, acara ini juga menjadi wadah untuk charity. Pihak penyelenggara menggandeng Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI), Yayasan Dompet Dhuafa dan Arka Mahesa Run for Charity.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP