TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Brimob Gelar Kejurnas Menembak ‘Bascot V SC 2016’

Target 2.000 peserta. Tak hanya anggota TNI dan Polri, tapi juga sipil
Brimob Gelar Kejurnas Menembak ‘Bascot V SC 2016’
Ilustrasi turnamen menembak. (ANTARA/Andika Wahyu)

VIVA.co.id – Kejurnas menembak bertajuk ‘Bascot V SC 2016’ akan digelar pada 13 hingga 16 Oktober dan 21 hingga 23 Oktober 2016 di lapangan tembak Hoegeng Imam Santoso, Kelapa Dua, Depok.

Bascot Comm 300 SC merupakan salah satu kompetisi menembak yang paling ditunggu-tunggu. Pasalnya, tidak hanya anggota Polri atau TNI saja yang ikut serta, tapi juga warga sipil.

Menurut Ketua Panpel Bascot V, AKBP Nurbagdja, jumlah peserta diharapkan bisa mencapai 2000 orang. Ini melebihi total peserta tahun lalu yang berjumlah 1500.

“Kenapa kejuaraan ini harus dibagi menjadi dua pekan? Soalnya, animo masyarakat cukup tinggi. Untuk minggu pertama, peserta yang mengikuti tembak reaksi IPSC mendapatkan kesempatan. Sedangkan pada pekan kedua non IPSC,” katanya, Minggu 9 Oktober 2016..

Kejuaraan menembak ini juga juga digelar dalam rangka perayaan hari jadi Korps Brimob Polri ke-71, dan bakal melibatkan para peserta dari kalangan Polri, TNI, serta sipil. Tahun ini merupakan kali ke-5, Community 300 Shooting Club menggelar kejuaraan ini.

“Peserta dari tahun ke tahun terus meningkat. Di tahun kelima ini kami berharap, minimum 2000 peserta,” kata Sekretaris Jenderal Community 300 Adya Abiseka.

Lebih lanjut Adya menjelaskan, kejuaraan pada tahun ini sedikit berbeda dengan BASCOT sebelumnya, karena akan diadakan dalam jangka waktu dua minggu. Satu minggu pertama dimulai dengan pertandingan IPSC dengan 22 stage dan 450 rounds. Dan dalam 22 stage tersebut, 18 stage menggunakan handgun, dan 4 stage menggunakan two gun (handgun dan rifle).

“Ada pembaruan dari yang sebelum-sebelumnya, yaitu pembaruan IPSC kita memainkan 22 stage, 450 round. Jadi setiap penembak nantinya akan menembak sebanyak 450 butir peluru,” ujar Adya. 

Brimob Polri resmi menggandeng produsen senjata api, PT Pindad. Perusahaan yang berpusat di Bandung ini turut menyuplai senjata dan juga amunisi untuk kejurnas menembak bergengsi ini.

Menurut Direktur Marketing PT Pindad, Wijayanto, pihaknya juga menyiapkan senjata jenis baru berjenis G2 yang disiapkan untuk kejuaraan ini. Ada tiga jenis senjata G2 yang dipasok untuk kejurnas menembak Bascot V yaitu G2 Premium, Elite dan Combat.

“Beberapa produk memang sudah dikenali teman-teman di Kepolisian. Kebetulan, kami punya produk baru jadi sekalian diperkenalkan di ajang kejurnas menembak ini. Amunisi pun kami siapkan. Kabarnya satu atlet butuh 450 butir peluru setiap kali tampil,” kata Wijayanto.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP