Keluar 4 Besar Ranking ATP, Nadal dan Federer Kian Terpuruk?

Rafael Nadal (kiri) & Roger Federer
Sumber :
  • yahoosport

VIVA.co.id – Dua maestro tenis dunia, Rafael Nadal dan Roger Federer sepertinya sudah harus merelakan predikatnya sebagai figur petenis papan atas kini makin meredup. Kedua bintang pengoleksi gelar turnamen Grand Slam tersebut itu pun kembali harus terlempar dari daftar peringkat 4 besar ATP terbaru.

Kebangkitan Rafael Nadal Usai Absen Setahun

Dalam tabel ranking yang dikeluarkan oleh situs resmi ATP pada 10 Oktober 2016, Nadal yang sebelumnya berada di urutan 4 akhirnya harus turun ke peringkat 5 setelah posisinya digeser oleh petenis Jepang, Kei Nishikori. 

Situasi ini pun tak berbeda jauh dengan apa yang dialami oleh Federer. Pria asal Swiss itu justru sudah terlempar ke posisi 7 sejak 12 September 2016, yang menjadi pengualangan tren negatifnya seperti yang terjadi pada Januari hingga Maret 2014 lalu dimana Federer merosot ke posisi 8 ranking ATP. 

Nadal Tandai Comeback di Brisbane

Bagi Nadal dan Federer, fakta tersebut seolah menjadi parameter sederhana tentang seperti apa kondisi dari persaingan petenis putra papan atas dunia saat ini. Dimana, dominasi Novak Djokovic sebagai penguasa puncak tahta ranking ATP makin jauh meninggalkan keduanya.

Selain itu, kian menterengnya prestasi Andy Murray, Stan Awarinka dan Kei Nishikori semakin membuat seru ketatnya perebutan posisi jajaran elite tenis dunia.

Tak Lagi Muda, Novak Djokovic Bidik Sejarah Baru di Final Wimbledon

Sosok Nadal dan Federer memang sudah seperti rival abadi dalam persaingannya di kancah tenis dunia. Meski secara usia lebih tua 5 tahun dari Nadal, namun Federer seoleh selalu memiliki energi berbeda jika disandingkan dengan petenis Spanyol itu.

(mus)

Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal

Rafael Nadal Dipastikan Absen di Australian Open 2024

Petenis Spanyol Rafael Nadal mundur dari Australian Open 2024 karena mengalami cedera pada ototnya setelah hampir sepekan kembali dari absen selama setahun karena cedera.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024