TUTUP
TUTUP
SPORT

Kontroversi Penggunaan Alat Penerima SMS di MotoGP

Alat tersebut diklaim bisa menekan angka kecelakaan di balapan MotoGP.
Kontroversi Penggunaan Alat Penerima SMS di MotoGP
Alat penerima teks MotoGP. (Crash)

VIVA.co.id – Fitur baru bakal diperkenalkan di ajang MotoGP. Pada musim 2017 mendatang, akan dipasang sebuah alat penerima pesan yang diletakkan di dashboard motor masing-masing pembalap.

Alat ini memungkinkan para pembalap menerima sebuah informasi dari pit lewat pesan teks terkait kondisi motor, sirkuit, serta jarak dengan para pesaing. Tujuan pemasangan alat ini adalah keamanan.

Dorna menyatakan lewat pesan teks, para pembalap bisa mengetahui secara detail apa yang terjadi selama balapan. Dengan demikian, kejadian-kejadian fatal seperti kecelakaan bisa dihindari lebih awal lewat sistem komunikasi seperti ini.

"Bisa memberikan informasi mengenai pergerakan bendera. Kemudian, kami mencoba memberikan kemudahan kepada para pembalap terkait kondisi trek agar mereka bisa lebih aman dalam berkendara," ujar Direktur Balapan MotoGP, Mike Webb.

Pemasangan alat penerima pesan ini mendapat reaksi beragam dari para pembalap. Mayoritas, mereka menolak penggunaan alat ini karena dianggap sebagai pengganggu. 

Valentino Rossi, menyatakan alat tersebut sangat berguna untuk mengontrol kondisi motor. “Bagus untuk keamanan. Jika kalian punya masalah dengan mesin atau oli, itu sangat berguna," terang Rossi.

Sementara, Marc Marquez dan Eugene Laverty, menolak penggunaan alat tersebut. Mereka menilai alat penerima pesan di motor merupakan gangguan penting dalam sebuah balapan karena bisa mengalihkan fokus

"Laverty bilang apa? Kami membuat ini menjadi lebih mudah. Sebelum menerapkannya, kami sudah menggelar diskusi," ujar Webb seperti dikutip Crash.

Penggunaan alat penerima teks bakal diuji dalam balapan di sirkuit Motegi, akhir pekan nanti. "Kami ingin mengetahui jangkauan sinyal dan efektivitas penggunaan alat ini," terang Webb.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP