TUTUP
TUTUP
SPORT

6 Rekor Ditorehkan Marc Marquez Usai Juara Dunia MotoGP 2016

Marquez menjadi pembalap termuda yang mampu meraih tiga gelar MotoGP.
6 Rekor Ditorehkan Marc Marquez Usai Juara Dunia MotoGP 2016
Marc Marquez (Instagram.com/motogp)

VIVA.co.id – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, sudah dipastikan menjadi juara dunia MotoGP, musim ini, setelah berhasil menjuarai MotoGP Jepang, akhir pekan lalu. Hal itu dipastikan setelah rival terdekatnya, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, gagal finis pada balapan tersebut.

Hal itu membuat selisih poin Marquez dengan Rossi menjadi 77 poin. Dan dengan tiga balapan tersisa, jumlah tersebut tak akan mampu dikejar The Doctor --julukan Rossi-- meski berhasil menjuarai semua seri.

Gelar ini menjadi gelar kelima untuk Marquez selama kariernya di ajang grand prix, dengan tiga di antaranya merupakan gelar di ajang MotoGP. Torehan ini sangat spesial bagi Marquez mengingat pembalap 23 tahun itu baru naik kelas ke MotoGP pada 2013. Itu berarti Marquez hanya sekali gagal meraih juara dunia sejak membalap di MotoGP.

Berikut pencapaian Marquez usai meraih gelar juara dunia MotoGP 2016 seperti dikutip laman web HondaRacingCorporation:

1. Marc Marquez menjadi pembalap termuda sepanjang sejarah yang berhasil meraih tiga kali juara MotoGP, yakni pada usia 23 tahun dan 242 hari. Rekornya itu mengalahkan Mike Hailwood yang berusia 24 tahun dan 108 hari ketika meraih titel ketiganya di kelas 500cc pada 1964.

2. Marquez juga menjadi pembalap termuda sepanjang sejarah yang meraih lima gelar juara grand prix di seluruh kelas. Memecahkan rekor yang ditorehkan Valentino Rossi yang berusia 24 tahun dan 238 hari ketika meraih gelar kelimanya pada 2003.

3. Marquez memenangkan seluruh gelar MotoGP bersama Honda. Rekor itu menyamai pencapaian Rossi yang saat itu masih menunggangi motor Honda (satu gelar 500cc dan dua gelar motoGP). Satu-satunya pembalap yang pernah meraih gelar lebih banyak di kelas tertinggi bersama Honda adalah Mick Doohan yang merebut lima gelar 500cc.

4. Tiga gelar Marquez di MotoGP menyamai koleksi Jorge Lorenzo. Hanya ada satu orang Spanyol yang memiliki gelar juara dunia lebih banyak, yakni Angel Nieto dengan 13 gelar juara (tujuh gelar 125cc, dan 6 gelar 50cc).

5. Dengan kemenangan di MotoGP Jepang, Marquez setidaknya sudah meraih lima juara seri setiap musimnya dalam tujuh musim terakhir (di semua kelas). Dalam sejarah balapan grand prix, cuma ada dua pembalap yang juga berhasil melakukannya, yakni Giacomo Agostini dan Mike Hailwood.

6. Pada 2016, Marquez sudah meraih lima kemenangan, 11 podium, dan enam kali pole position. Jumlah itu menjadi yang terbanyak dibandingkan dengan para pembalap lainnya sejauh ini. (one)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP