MotoGP Wajib Gunakan Airbag Mulai 2018

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • Crash.net

VIVA.co.id – Pertemuan terakhir Komisi Grand Prix di Jepang menghasilkan keputusan dari para anggota terkait aerodinamika motor dan baju pembalap. Ada satu keputusan yang terdengar lucu, yaitu penggunaan airbag atau kantong udara oleh para pembalap MotoGP mulai 2018 nanti.

Airbag Bekas Tabrakan Bisa Diperbaiki Tidak?

Dilansir dari GP Extra, Rabu 19 Oktober 2016, mulai musim 2017, tim-tim hanya dapat melakukan peningkatan desain fairing pelindung lumpur depan. Laporan dari Komisi GP, menyatakan penghematan sebagai alasan adanya perubahan.

Namun, banyak yang meyakini perubahan dilakukan sebagai dampak larangan penggunaan winglet atau sayap untuk 2017. Pabrikan bakal berusaha mencari cara lain, untuk memanipulasi peraturan dengan hilangnya winglet dari fairing semua motor MotoGP musim depan.

Rossi Diliputi Ketegangan Sepanjang MotoGP 2016

Mereka harus mencari cara lain untuk meningkatkan downforce motor tanpa pemakaian winglet. Peraturan baru juga menyatakan, semua jenis perombakan pada badan motor, harus mendapat persetujuan dari direktur teknik, sebelum digunakan di sirkuit.

Peraturan itu juga diterapkan untuk setiap pembalap, dan bukan per motor sehingga memungkinkan adanya modifikasi, jika tim harus menggunakan pembalap pengganti. Di pertemuan juga diumumkan, bahwa mulai 2018, semua pembalap harus menggunakan baju dengan sistem airbag.

2016, Tahun Baby Alien Sempurnakan Hattrick

Penggunaan kantung udara dimaksudkan, untuk mengurangi kemungkinan cedera bahu dan tulang punggung, sehingga peraturan tersebut wajib untuk diterapkan.

(ren)

Yamaha XMAX 125 edisi 2018.

Tak Mau Kalah dari Honda, Yamaha Siap Tanamkan Airbag pada Motornya

Gambar terkait airbag pada skuter telah viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
16 Agustus 2018