TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

MotoGP Wajib Gunakan Airbag Mulai 2018

Perubahan desain bada badan motor juga harus mendapat persetujuan.
MotoGP Wajib Gunakan Airbag Mulai 2018
Marc Marquez saat berlaga di MotoGP Jepang (Crash.net)

VIVA.co.id – Pertemuan terakhir Komisi Grand Prix di Jepang menghasilkan keputusan dari para anggota terkait aerodinamika motor dan baju pembalap. Ada satu keputusan yang terdengar lucu, yaitu penggunaan airbag atau kantong udara oleh para pembalap MotoGP mulai 2018 nanti.

Dilansir dari GP Extra, Rabu 19 Oktober 2016, mulai musim 2017, tim-tim hanya dapat melakukan peningkatan desain fairing pelindung lumpur depan. Laporan dari Komisi GP, menyatakan penghematan sebagai alasan adanya perubahan.

Namun, banyak yang meyakini perubahan dilakukan sebagai dampak larangan penggunaan winglet atau sayap untuk 2017. Pabrikan bakal berusaha mencari cara lain, untuk memanipulasi peraturan dengan hilangnya winglet dari fairing semua motor MotoGP musim depan.

Mereka harus mencari cara lain untuk meningkatkan downforce motor tanpa pemakaian winglet. Peraturan baru juga menyatakan, semua jenis perombakan pada badan motor, harus mendapat persetujuan dari direktur teknik, sebelum digunakan di sirkuit.

Peraturan itu juga diterapkan untuk setiap pembalap, dan bukan per motor sehingga memungkinkan adanya modifikasi, jika tim harus menggunakan pembalap pengganti. Di pertemuan juga diumumkan, bahwa mulai 2018, semua pembalap harus menggunakan baju dengan sistem airbag.

Penggunaan kantung udara dimaksudkan, untuk mengurangi kemungkinan cedera bahu dan tulang punggung, sehingga peraturan tersebut wajib untuk diterapkan.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP