Tips Penting untuk Wanita yang Hobi Bersepeda

Ilustrasi bersepeda.
Sumber :
  • Pixabay/ Unsplash

VIVA.co.id – Jadi tren di kalangan pria, bersepeda seolah lebih identik dengan olahraga pria. Padahal bersepeda juga memiliki banyak manfaat bagi kaum hawa. Selain membuat tubuh lebih kencang, bersepeda juga memberikan bonus, tubuh ideal.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Tidak perlu takut betis berubah besar dengan olahraga sepeda, atau bagian tubuh lainnya sakit karena naik sepeda. Untuk itu wanita perlu memperhatikan beberapa hal ini sebelum memutuskan bersepeda.

Pertama temukan komunitas sepeda yang tepat."Aku dulu ikut gowes cowok karena terintimidasi. Dulu takut banget. Untung ketemu komunitas baik banget. Gimana pun kalau jadi minoritas juga kurang nyaman. Sekarang makin banyak cewek. The power of the group. Semakin  pede," kata Cyclist Wanita, Helen Tan pada VIVA.co.id, yang tergabung dalam Women's Cycling Community ( WCC), usai acara peluncuran Cycling Program Pro45, di Senayan City, Jakarta, 20 Oktober 2016.

Nasrullah Bersepeda dari Purwokerjo Demi Hadiri Kampanye Akbar AMIN di JIS

Kedua, terkait pemilihan sepeda. "Tidak mau kan bersepeda tapi punggung terasa sakit, atau sepeda terlalu berat atau terlalu besar sehingga sulit untuk mengontrol." Untuk itu memilih sepeda yang sesuai menjadi hal penting lainnya yang perlu diketahui.

"Pemilihan sepeda amat sangat penting, karena sepeda bagian tubuh, kalau sepeda salah, yang ada badan sakit. Cermat memilih sepeda tidak hanya dari harga atau brand, tapi ukuran."

AHY Ungkap Isi Pembicaraan saat Gowes dan Sarapan Gudeg Bareng Jokowi di Yogyakarta

Helen yang masih tampak muda di usia 38 tahun ini menjelaskan tentang bike fitting saat membeli sepeda yang perlu diperhatikan. "Setelah ukuran dicapai, ada bike fitting, posisi sesuaikan tinggi badan, gaya sepeda, jangan sampai posisi enggak tepat," ujarnya menambahkan.

Helen Tan

                     Cyclist Wanita, Helen Tan (Foto: VIVA.co.id/ Rintan Puspitasari)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya