TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Wanita Tunatetra Bersuara Raisa Bikin Semarak Peparnas

Dia merasa bangga bisa menunjukkan bakatnya.
Wanita Tunatetra Bersuara Raisa Bikin Semarak Peparnas
Penyandang tunanetra, Nenden Sinthawati menyanyikan lagu di Peparnas (VIVA.co.id/Suparman (24-10-16))

VIVA.co.id – Keheningan malam di kawasan Hotel Ibis Kota Bandung Jawa Barat pecah saat perempuan penyandang tunanetra Nenden Sinthawati mengeluarkan gaya vokal lembut sambil memainkan keyboard menyanyikan lagu Raisa berjudul "Kali Kedua".

Penampilannya pada 'Ngopi & Ngeteh, Jamuan Gubernur bagi Paralimpian Pemecah Rekor Peparnas XV' pada Jumat 21 Oktober 2016 malam, dianggap menjadi momen mengesankan karena membawakan lagu di depan seluruh atlet difabel.

Nenden merupakan penyandang disabilitas pada mata sejak dilahirkan. Dengan kondisi tersebut, tak membatasi semangat untuk menekuni dunia tarik suara dan termotivasi sejak usia dua tahun. Menurutnya, muncul kebanggaan tersendiri bagi dirinya bisa berperan aktif di Peparnas dengan menyajikan lagu-lagu melalui keindahan suaranya.

"Dan pastinya (Peparnas) wadah untuk terus melakukan yang terbaik di potensinya. Saya bangga di sini deh," ujar Nenden saat di Gatot Subroto Kota Bandung Jawa Barat, Senin 23 Oktober 2016.

Ibu dari Aura Yasinta Ayu, siswi kelas 6 SD di Kota Bandung ini, memberi masukan terhadap tayangan para kaum disabilitas yang kerap hanya diambil bagian 'kesedihannya'. Bukan motivasi yang dipertontonkan.

Seharusnya, lanjut Nenden, dalam kondisi keterbatasan dibandingkan orang normal, penyandang disabilitas harus berjuang memunculkan portensi di dalam diri masing-masing.

"Galilah potensi. Kita memang tahu paling senang disuguhi acara yang 'crying crying' (cengeng), reality show, yang sebenarnya gak ada edukasinya sama sekali," ujarnya.

Bahkan, Nenden sependapat dengan pesan Ibu Gubernur Jawa Barat, Netty Heryawan, dengan cara pandang masyarakat terhadap disabilitas harus diubah.

Pada penampilannya di Peparnas, Nenden juga melantunkan lagu R.Kelly berjudul ‘I Believe I Can Fly’ yang menurutnya sangat inspiratif selaku penyandang disabilitas.

"Saya merasakan sendiri disabilitas bukan halangan. Tapi dukungan dari keluarga memang sangat penting," katanya.

Syarat Jadi Atlet Peparnas

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP