TUTUP
TUTUP
SPORT

Pembalap MotoGP Kritik Keras Desain Baru Sirkuit Sepang

Tikungan terakhir Sepang bikin negative camber sangat besar.
Pembalap MotoGP Kritik Keras Desain Baru Sirkuit Sepang
Sirkuit Sepang

VIVA.co.id – Banyak pembalap MotoGP yang terkejut melihat perubahan besar pada tikungan terakhir Sirkuit Sepang jelang balapan GP Malaysia akhir pekan ini.

Tidak hanya seluruh permukaan sirkuit saja dilapisi aspal baru, tapi perubahan juga dilakukan pada sembilan bagian trek, dengan perubahan mencolok di Turn 15.

Tikungan terakhir jelang garis finis itu dinilai membuat negative camber pada ban terlalu besar di bagian dalam. Perubahan itu sengaja dibuat untuk memaksa pembalap menurunkan kecepatan sebelum jalur lurus dan untuk mengatasi masalah genangan air.

Pembalap MotoGP yang baru merasakan desain tersebut langsung terkejut, salah satunya pembalap Suzuki, Aleix Espargaro.

"Saya bersepeda mengelilingi trek dan saya pikir pedal bagian dalam saya mengenai aspal. Tikungannya sangat berat. Bagi saya, ini tidak masuk akal. Risiko kecelakaan sangat sangat tinggi. Saya tidak pernah melihat tikungan seperti ini," ujar Espargaro, seperti dilansir dari Crash.

Adiknya, Pol Espargaro, pun berpendapat sama dan merasa tikungan terakhir itu akan menjadi tantangan tersendiri buat ban depan Michelin.

"Perubahannya sangat besar. Kami tak bertemu jenis tikungan seperti ini sepanjang musim," ujar rider Monster Yamaha Tech 3 tersebut. "Membuat ban negatif (camber), dan sangat banyak. Terlihat jelas saat Anda berjalan, jadi Anda bisa bayangkan saat naik motor, akan sangat besar."

"Kalau Anda ingin membuat tikungan ini lebih cepat atau menyenangkan, ban Anda harus tetap positif. Masalahnya kami sering menemukan masalah dengan ban depan Michelin. Jadi ini akan jadi tikungan paling krusial musim ini," lanjutnya.

Meski tak ada pembalap yang senang terjadi negative camber karena akan kehilangan cengkraman dan kecepatan, perubahan ini diharapkan bisa memberikan efek maksimal untuk menurunkan kecepatan motor sebelum trek lurus dan mengatasi masalah genangan air.

Tetapi, pembalap lainnya, Cal Crutchlow, mengungkapkan kalau air masih saja masuk ke dalam bagian aspal.

"Sepertinya mereka bisa saja memperbaikinya. Saya tidak tahu. Tapi saat ada tiga motor di trek, kami benar-benar pelan, jauh dari lap times tahun lalu," ujar pembalap LCR Honda tersebut.

"Tapi, kami tahu cengkraman akan lebih baik saat trek bersih. Semoga cuaca akan tetap kering akhir pekan ini, tapi sepertinya itu tidak akan terjadi," tambah Crutchlow.

Saksikan kehadiran pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, di Sirkuit Sentul di video ini.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP