TUTUP
TUTUP
SPORT

12 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Malaysia

Rossi menjadi pemenang terbanyak di GP Malaysia.
12 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Malaysia
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. (REUTERS)

VIVA.co.id - Balapan MotoGP akan kembali berlangsung pada akhir pekan ini, pada Minggu 30 Oktober 2016. Ajang balapan motor kasta pertama ini sudah memasuki seri ke-17, dan akan berlangsung di Malaysia.

Para pembalap akan melakoni balapan di Sirkuit Sepang, dan akan berlangsung sebanyak 20 lap. Seri ini memang sudah tidak menentukan gelar juara dunia MotoGP, karena sudah disegel oleh Marc Marquez di GP Jepang.

Sirkuit yang memulai balapan Grand Prix pada 1999 ini, menjadi salah satu penentuan peraih runner up. Valentino Rossi berada di posisi terdepan, dengan menempati posisi kedua klasemen sementara dengan 216 poin.

Pembalap Movistar Yamaha tersebut unggul 24 poin dari rekan setimnya, Jorge Lorenzo, yang berada di posisi ketiga. Beruntung catatan Rossi lebih baik ketimbang Lorenzo di Sepang, dengan total 6 kemenangan.

Itu membuat Rossi menjadi pencetak pemenang terbanyak di GP Malaysia. Masih banyak fakta menarik lainnya, yang dirangkum dari situs resmi MotoGP.

Berikut Fakta Menarik MotoGP Malaysia:

1. Edisi pertama lomba MotoGP Malaysia di Sirkuit Shah Alam pada 1991. John Kocinski dari Yamaha keluar sebagai pemenangnya.

2. Honda telah menggengam lima kemenangan dalam lomba MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang pada era MotoGP (mulai 2002). Termasuk empat edisi terakhir, yakni lewat Dani Pedrosa (3 kali menang) dan sisanya Marc Marquez.

3. Yamaha juga telah mencatat lima kemenangan dalam lomba MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang sejak era MotoGP dimulai 2002. Terakhir Yamaha juara pada 2010 lewat Valentino Rossi.

4. Kemenangan Rossi tersebut pada 2010, menjadi kemenangan terakhir pembalap non-Spanyol pada balapan kelas utama di MotoGP Malaysia.

5. Pembalap dengan kemenangan terbanyak adalah Rossi, dengan enam kemenanga. Setelah itu diikuti oleh Dani Pedrosa dengan 5 kemenangan (1x 125cc, 1x 250cc dan 3x MotoGP).

6. Ini merupakan balapan MotoGP Malaysia untuk ke-26 kalinya. Khusus yang diselenggarakan di Sirkuit Internasional Sepang adalah edisi ke-18.

7. Sudah ada tiga sirkuit yang pernah menyelenggarakan MotoGP Malaysia yakni sebanyak tujuh kali di Shah Alam (1991-1997) dan sekali di Johor (1998).

8. Ducati tiga kali menang di Sepang, dan terakhir juara GP Malaysia pada 2009 lewat Casey Stoner. Sejak itu, hasil lomba terbaik Ducati di sana adalah posisi finis keempat pada 2012 oleh Nicky Hayden.

9. Hasil terbaik Suzuki pada lomba kelas bergengsi MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang sejak 2002 adalah posisi finis kelima lewat Alvaro Bautista pada 2010.

10. Sirkuit Sepang mempunyai 10 tikungan ke kanan dan lima tikungan ke kiri. Sirkuit ini juga dilengkapi lintasan lurus sepanjang 920 m.
    
11. Kenny Roberts Jr menjadi pembalap pertama yang memenangkan MotoGP di sirkuit Sepang. Ia melakukan itu pada 1999 bersama tim Suzuki.

12. Pole position terbanyak diraih oleh Dani Pedrosa dan Valentino Rossi masing-masing sebanyak empat kali.

Saksikan kedatangan pembalap Repsol Honda dan juara dunia MotoGP 2016, Marc Marquez, ke Sirkuit Sentul di video ini.


(ren)  

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP