TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Skenario Rosberg untuk Kunci Gelar Juara Dunia F1 di Meksiko

Rosberg saat ini memuncaki klasemen pembalap F1.
Skenario Rosberg untuk Kunci Gelar Juara Dunia F1 di Meksiko
Pembalap Mercedes, Nico Rosberg, usai menjuarai GP Jepang. (REUTERS)

VIVA.co.id - Gelaran balap Formula 1 (F1) sudah memasuki seri ke-19 dan akan berlangsung di Meksiko, Senin 31 Oktober 2016 dini hari WIB. Pembalap Mercedes, Nico Rosberg, berpeluang mengunci gelar juara dunia di seri ini.

Rosberg saat ini berada di puncak klasemen pembalap dengan raihan 331 poin. Dia unggul 26 poin dari rekan setimnya, Lewis Hamilton, yang berada di peringkat kedua.

Walau selisih poin tidak terlalu besar, akan tetapi Rosberg bisa mengunci gelar juara duni pada GP Meksiko. Namun dengan skenario, pembalap Jerman tersebut keluar sebagai juara di Autodromo Hermanos Rodriguez.

Kemudian, Hamilton harus mengakhiri balapan di posisi ke-10 atau lebih buruk lagi. Dengan skenario seperti itu maka poin  Rosberg akan menjadi 356, unggul 50 poin atas Hamilton.

Misalkan Hamilton memenangi dua seri setelah F1 Meksiko dan asumsinya jumah total poin sama, Rosberg masih posisi yang diuntungkan. Sebab dia unggul jumlah kemenangan sebanyak 10 kali, dibandingkan Hamilton yang bakal menorehkan 9 kemenangan.

Sebenarnya, dengan Rosberg menjaga posisi finis di posisi kedua dalam dua kali dan maksimal finis di urutan tiga sekali saja sudah bisa menjadi juara dunia.  Sedangkan bila Hamilton meraih kemenangan di tiga seri terakhir, bakal memecahkan pencapaian kemenangan seri terbanyak musim ini, tapi tidak gelar juara karena kalah jumlah poin dari Rosberg.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP