Bersepeda 30 Menit Turunkan Risiko Serangan Jantung

Ilustrasi bersepeda.
Sumber :
  • Pixabay/ Unsplash

VIVA.co.id – Menurut sebuah penelitian, bersepeda ke tempat kerja bagi pekerja usia menengah dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung di usia tua.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Bahkan, menurut hasil penelitian tersebut, bersepeda hanya 30 menit seminggu dapat memberikan hasil cukup besar dalam menurunkan terjadinya penyakit jantung koroner pada 20 tahun mendatang.

Dikutip Daily Mail.Penelitian yang dilakukan di Denmark ini melibatkan 45 ribu orang berusia 50-65 tahun. Kemudian mereka melacak para partisipan selama dua dekade dan menemukan bahwa olahraga secara konsisten memberikan dampak luar biasa pada kesehatan mereka, terutama jika dilakukan sebagai bagian dari rutinitas.

Sebelum Meninggal, Donny Kesuma Ngaku Tekuni Pekerjaan di Dunia Malam Selama 20 Tahun

Partisipan yang secara konsisten menghabiskan 90 menit bersepeda seminggu, risikonya menurun 24 persen terkena serangan jantung. Dan partisipan yang menghabiskan setengah jam bersepeda dalam seminggu, sebagai bagian dari aktivitas luang mereka, risiko terkena serangan jantungnya menurun sebanyak 16 persen.

Saat ini banyak orang terintimindasi dengan olahraga di pusat kebugaran dan program fitness yang berat, namun para ahli mencoba mengubah fokus ini agar orang-orang mulai membangun kebiasaan olahraga yang ringan yang tidak membuat mereka cepat menyerah.

Duka Mendalam Baim Wong dan Armand Maulana atas Kepergian Donny Kesuma

Berjalan kaki atau bersepeda sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari, atau aktivitas rutin lainnya seperti membawa jalan-jalan hewan peliharaan, dianggap sebagai cara ideal untuk mengajak orang berolahraga secara konsisten.

"Mencari waktu untuk berolahraga dapat menjadi tantangan bagi banyak orang, jadi para ahli klinis bidang pencegahan risiko kardiovaskuler harus mempertimbangkan mengangkat bersepeda sebagai moda transportasi," kata pemimpin penelitian Dr Anders Grontved dari University of Southern Denmark.

Bersepeda ke kantor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya