TUTUP
TUTUP
SPORT

Rio Beri Isyarat Gabung Tim F1 Baru Lebih Kompetitif

Dia terus mempersiapkan diri untuk menjadi pembalap utama pada 2017.
Rio Beri Isyarat Gabung Tim F1 Baru Lebih Kompetitif
Konferensi pers pembalap Indonesia, Rio Haryanto (VIVA.co.id/Herdi Muhardi)

VIVA.co.id – Musim Formula 1 (F1) 2016 sudah akan berakhir. Setengah musim sudah pembalap muda Indonesia Rio Haryanto, turun kasta menjadi pembalap cadangan Tim Manor Racing. Dengan waktu yang tersisa, bagaimana peluang Rio di ajang F1 musim depan?

Usai seri GP F1 Hungaria Juli lalu, status Rio sebagai pembalap diturunkan Manor menjadi cadangan. Manor berdalih Rio belum melunasi kewajiban, pembayaran dana sebesar £15 juta. Sebenarnya, manajemen Rio sudah memberikan 50 persen, namun Manor tetap menuntut pembayaran penuh.

Rio mengaku terus belajar, meski hanya menjadi pembalap cadangan. Khususnya soal teknik mengemudi dan fisik. Pembalap berusia 23 tahun asal Solo itu tetap mempersiapkan diri layaknya seorang pembalap utama.

"Saya tetap terlibat bersama tim Manor, dan harus harus mengikuti seluruh rangkaian seri F1 musim ini," kata Rio saat ditemui di Jakarta, Sabtu 5 November 2016.

"Saya terus belajar, khususnya untuk driving skill dan fisik. Saya lakukan ini, agar jika saya mendapat kesempatan lagi untuk kembali, sudah siap. Karier saya sudah sangat panjang, jadi saya tetap berpikir untuk mempertahankan karier di sini. Siapa pun pembalap pasti ingin menjadi main driver," ujarnya.

Soal peluangnya di musim depan, Rio mengaku tetap optimistis bisa bertahan di ajang F1. Terkait hal ini, rumor yang menyebut Rio akan hengkang dari Tim Manor memang masih simpang siur. Rio menegaskan, peluang jadi pembalap utama pada 2017 cukup terbuka.

Alasannya, karena tim-tim F1 cenderung lebih memilih pembalap dengan pengalaman di F1, ketimbang pembalap yang baru naik kelas dari GP2. Sayangnya, Rio masih bungkam, mengenai tim mana yang jadi destinasinya. Dia hanya mengatakan, bakal memilih tim yang lebih kompetitif.

"Saya masih berpikir positif sampai saat ini, untuk bisa kembali tampil, tentu dengan prioritas sebagai main driver. Sejauh ini saya sudah ada beberapa opsi, untuk bisa kembali lagi ke ajang F1. Ya, intinya saya berharap bisa bergabung dengan tim yang lebih kompetitif. Kita lihat dalam beberapa minggu ke depan," ucapnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP