Tanpa Ayunkan Raket, Murray Jadi Petenis Nomor 1 Dunia

Petenis Inggris Andy Murray.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Andy Murray tanpa perlu susah payah untuk menjadi petenis pria nomor satu dunia. Ini menyusul kemenangan petenis asal Inggris tersebut atas Milos Raonic di babak semifinal Paris Masters 2016.

Selamatkan 5 Match Point, Andy Murray Tembus Final Qatar Open 2023

Murray sebelumnya harus meraih satu kemenangan dulu untuk bisa menggeser Novak Djokovic dari peringat satu dunia versi ATP selama 122 pekan. Sebab, petenis asal Serbia tersebut gagal melaju ke babak semifinal.

Beruntung bagi Murray, Raonic memilih mengundurkan diri dari permainan sebelum pertandingan digelar. Petenis berusia 25 tahun itu tak melakoni laga Sabtu 5 November 2016 malam WIB karena mengalami cedera.

Sadis, Petenis Remaja Pecundangi Novak Djokovic Sabet Gelar Juara Paris Masters 2022

Alhasil, Murray resmi jadi petenis nomor satu dunia tanpa harus mengayunkan raket dan berpeluh keringat. Dilansir BBC Sports, ini menjadi prestasi pertama bagi petenis berusia 29 tahun tersebut sejak diberlakukannya sistem komputerisasi rangking yang update tiap pekan, diterapkan pada tahun 1973.

Penampilan Murray memang kian meningkat di paruh kedua musim ini, di satu sisi Djokovi mengalami penurunan. Murray melaju ke 11 final dari 12 turnamen yang diikutinya dengan 73 kemenangan.

Petenis Nomor 1 Dunia Carlos Alcaraz Absen di ATP Finals dan Piala Davis

Di final Paris Masters nanti, Murray akan menghadapi John Isner asal Amerika Serikat yang sukses menyingkirkan Marin Cilic dengan skor 6-4 6-3. Andai juara, maka status Murray sebagai petenis pria nomor satu dunia kian sempurna.

Petenis Inggris. Andy Murray

Andy Murray Sabet Gelar Perdana Sejak 2019

Mantan petenis nomor satu dunia Andy Murray memenangi gelar pertamanya sejak 2019, Minggu 7 Mei 2023, dengan kemenangan di Aix-en-Provence Challenger di Prancis.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2023