Pacquiao Naik Ring Lagi, Kota-kota di Filipina 'Kosong'

Petinju, Manny Pacquiao, saat hadapi Jessie Vargas
Sumber :
  • REUTERS/Las Vegas Sun/Steve Marcus

VIVA.co.id – Bioskop, bar, restoran, dan lapangan basket di Filipina dipenuhi warga yang ingin menonton Manny Pacquiao melawan Jessie Vargas dalam perebutan gelar juara WBO di Las Vegas, AS, Minggu pagi WIB, 6 November 2016.

Jadi Ketua KONI, Daud Yordan Kembangkan Bela Diri di Kayong Utara

Pria 37 tahun yang juga senator Filipina itu tampil luar biasa dalam pertarungan comeback tersebut. Meski lebih tua 10 tahun dari Vargas, kecepatan dan intensitas Pac-Man masih sangat terjaga sehingga berhasil merebut gelar juara WBO lewat angka mutlak.

Istana kepresidenan Filipina pun memberikan ucapan selamat pada Pacquiao. Meski tidak dijelaskan apakah presiden, Rodrigo Duterte, menonton rekan politiknya tersebut atau tidak.

Jadi Juara WBC, Persembahan Ongen Saknosiwi buat Ibu yang Tengah Sakit

"Keberanian dan kengototan yang diperlihatkan petinju Filipina kami di Las Vegas adalah hal sama yang harus kita tunjukkan sebagai negara untuk menghapus narkoba, kriminalitas, dan korupsi," tulis pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Komunikasi Filipina, seperti dilansir dari Reuters.

"Sekali lagi, kemenangan Manny memberikan kebahagiaan pada masyarakat dan negara kami. Disiplin, determinasi, dan kerja keras dari sang juara masyarakat benar-benar membuatnya menjadi harta karun dalam dunia olahraga global."

Ketua DPD RI Ikut Berduka Cita atas Meninggalnya Hero Tito

Selama pertarungan Pacquiao, jalanan di berbagai kota di Filipina lengang. Semua masyarakat berkumpul di berbagai tempat nonton bareng dengan layar lebar. Membuat waktu di negara tersebut seperti berhenti.

Tentara juga ikut menonton pertarungan tersebut di barak-barak mereka. Kegigihan Pac-Man dianggap bisa menjadi motivasi tersendiri bagi para tentara muda.

"Letnal Kolonel Manny Pacquiao telah menjadi inspirasi besar, tidak hanya untuk pasukan kami, tapi juga pada organisasi kami yang berharap bisa menjadi tentara kelas dunia pada 2028," ujar juru bicara Tentara Filipina, Kolonel Benjamin Hao.

Ini adalah pertarungan pertama Pacquiao sejak memenangkan sebuah kursi di senat Filipina, Mei lalu. Sebelumnya, ia menjadi anggota kongres setelah sukses besar dikenal sebagai petarung pound-for-pound (petinju yang kerap berpindah kelas). (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya