TUTUP
TUTUP
SPORT

5 Pembalap Termuda Sepanjang Sejarah F1

Fernando Alonso salah satu di antaranya.
5 Pembalap Termuda Sepanjang Sejarah F1
Pembalap McLaren-Honda, Fernando Alonso (Telesport)

VIVA.co.id – Ajang Formula 1 (F1) menjadi olahraga balapan mobil paling bergengsi di dunia. Persaingan tingkat tinggi selalu menghiasi jalannya musim balapan yang biasa disebut adu kebut jet darat ini.

Pembalap kenyang pengalaman beradu dengan mereka yang baru pertama kali berada di balik kemudi. Mengendarai mobil super canggih ini pun tak mudah. Para pembalap mesti cerdas menghafal tombol-tombol yang ada di dalam kendaraannya.

Meski masih berusia muda, namun bukan berarti mereka tidak memberi penampilan mengesankan. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang digadang-gadang bakal menjadi pembalap papan atas.

Berikut kami sajikan daftar lima pembalap termuda yang mencatatkan debut di ajang F1 seperti dilansir Crash.

1. Max Verstappen

Pembalap asal Belanda ini mencatatkan debut di ajang (F1) bersama tim Toro Rosso di F1 GP Australia pada 2015 silam. Ketika itu usianya baru 17 tahun 166 hari, sehingga kini dia menjadi pemegang rekor pembalap F1 termuda sepanjang sejarah. Sayangnya, di debut kali itu dia gagal menyelesaikan lomba.

2. Jaime Alguersuari

Pembalap asal Spanyol ini memulai debut di F1 ketika masih berusia 19 tahun 125 hari. Dia turun di F1 GP Hungaria pada 2009 silam. Bersama tim Toro Rosso, Jaime menjadi pembalap pengganti. Pada debutnya itu, dia mampu finis di tempat ke-15.

3. Mike Thackwell

Berasal dari Selandia Baru, Mike sempat membuat heboh F1 pada musim 1980. Dia mencetak debut ketika berusia 19 tahun 182 hari di F1 GP Kanada. Selama berkarier di ajang adu kebut jet darat, dia turun dalam lima seri. Namun sayang, tidak ada satu pun yang mampu diselesaikannya.

4. Ricardo Rodriguez

Berawal dari balapan Le Mans 24 Hours, Ricardo menapak ke F1 GP Italia pada 1961. Namun sayang, pada kesempatan itu dia gagal mengecap garis finis. Debutnya pada usia 19 tahun 2018 hari, dia dianggap sebagai pembalap paling potensial saat itu.

5. Fernando Alonso

Pembalap yang hingga kini masih aktif memulai debut pada usia 19 tahun 218 hari di F1 GP Australia 2001 silam. Bersama tim Minardi, Alonso mencatatkan finis pada urutan ke-12. Selama berkarier di ajang adu kebut jet darat, dia sudah dua kali menjadi juara dunia, yakni 2005 dan 2006.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP