TUTUP
TUTUP
SPORT

11 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Valencia

Seri penutup ini akan berlangsung Minggu 13 November 2016.
11 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Valencia
Valentino Rossi memimpin jalannya balapan.

VIVA.co.id - Balapan MotoGP sudah memasuki seri penutup yang akan berlangsung di Valencia pada Minggu 13 November 2016. Walau sudah tidak menentukan, balapan diprediksi masih akan berlangsung dengan seru.

Berbeda dengan musim lalu, di mana gelar juara ditentukan pada seri ini. Musim ini, gelar juara dunia sudah disegel Marc Marquez lebih cepat di GP Jepang pada 16 Oktober lalu.

Posisi runner up juga sudah diamankan oleh Valentino Rossi di GP Malaysis pada 30 Oktober. Alhasil, kini hanya perebutan posisi tiga antara Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales.

Meski begitu, Marquez tentunya ingin mengakhiri musim dengan sempurna lewat kemenangan di Valencia. Terlebih, pembalap Repsol Honda ini gagal meraih podium di GP Australia dan Malaysia.

Para pembalap sendiri, nantinya akan melakoni balapan di sirkut Comunitat Valenciana. Balapan akan berlangsung selama 30 lap, atau setara dengan 120,2 km.

Pada musim lalu, Lorenzo berhasil finis terdepan, disusul Marquez dan Dani Pedrosa. Sebelum menyaksikan adu balap, kita simak beberapa fakta menarik yang dilansir situs resmi MotoGP.

Berikut Fakta-fakta Menarik MotoGP Valencia:

1. MotoGP Valencia kali ini adalah yang ke-18, setelah pertama kali digelar pada 1999.

2. Ini akan menjadi tahun ke-15 secara berturut-turut Valencia menggelar balapan terakhir dalam semusim. Hal ini membuat Valencia jadi sirkuit yang paling sering menjadi tuan rumah balapan terakhir.

2. Nama Sirkuit Ricardo Tormo, diambil dari pembalap Spanyol yang menjuarai gelar juara dunia 50cc bersama tim Bultaco pada tahun 1978 dan 1981. Kariernya berakhir pada 1984 setelah dia mengalami cedera kaki akibat kecelakaan dalam tes dan meninggal pada 1998 akibat leukemia.

3. Dani Pedrosa menjadi pembalap tersukses di Valencia. Pembalap Repsol Honda ini sudah enam kali menang di sirkuit tersebut; tiga kali di kelas MotoGP, dua kali di kelas 250cc, dan sekali di kelas 125cc.

4. Pembalap-pembalap asal Spanyol delapan kali memenangi balapan kelas primer di Valencia. Sete Gibernau memenangi balapan 500cc bersama Suzuki pada 2001, Pedrosa memenangi balapan MotoGP pada 2007, 2009, dan 2012, Jorge Lorenzo menang bersama Yamaha pada 2010, 2013, dan 2015, dan Marc Marquez menang pada 2014.

5. Sejak motor empat tak dipakai dalam balapan pada 2002, Honda menjadi pabrikan tersukses di Valencia dengan delapan kemenangan. Disusul oleh Yamaha empat kali menang, sementara Ducati dua kali.

6. Dalam lima tahun terakhir, Andrea Dovizioso adalah pembalap Ducati tersukses di Valencia. Dovizioso finis keempat pada tahun 2014.

7. Suzuki cuma sekali menempatkan pembalapnya di podium Valencia dalam era MotoGP, yaitu saat John Hopkins finis ketiga pada tahun 2007.

8. Cuma sekali balapan MotoGP di Valencia dimenangi oleh pembalap yang tidak start di barisan terdepan, yaitu saat Marquez menjadi pemenang pada 2014 dari posisi start kelima.

9. Valentino Rossi adalah satu-satunya pembalap yang turun di 17 balapan sebelumnya di Sirkuit Ricardo Tormo.

10. Pebalap non-Spanyol terakhir yang memenangi balapan MotoGP Valencia adalah Casey Stoner pada tahun 2011.

11. Dalam tujuh tahun terakhir, pembalap-pembalap Spanyol paling tidak memenangi satu dari perlombaan di tiga kelas di Valencia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP