Etape Pertama Tour de Makassar Milik Pembalap Prancis

Suasana etape pertama Tour de Makassar 2016
Sumber :
  • Dok. PB ISSI

VIVA.co.id – Etape pertama Tour de Makassar 2016 telah dimulai pada Jumat 11 November 2016. Rute dari Makassar ke Bone dengan jarak 164 kilometer menjadi pembuka gelaran ini.

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Pembalap asal Prancis, Peter Pouly menjadi penguasa etape pertama. Tampil dengan bendera Singha Infinite Cycling Team, dia mampu finis dua menit lebih awal dari tekan setimnya, Lois Desriac.

Menyusul di tempat ketiga ada Agung Alisahbana dari KFC. Sedangkan pembalap dari tim nasional Indonesia, Robin Manulang menjadi pembalap kesembilan yang menginjak garis finis.

Pesepeda Top Dunia Bakal Panaskan Persaingan di Maybank Cycling Series Il Festino 2024

Namun, dia berhasil memimpin klasemen sprint setelah merebut nilai maksimal di intermediate sprint 1 dan intermediate sprint 3. Dengan begitu, Robin akan memulai etape kedua dengan green jersey.

“Sebenarnya, saya mengincar polka dot jersey (tanda pimpinan klasemen KOM), tapi situasi tidak seperti yang diharapkan. Ternyata lebih memungkinkan untuk mendapatkan poin di sprint. Jadi saya rasa itu cukup menebus kekecewaan," ujar Robin seusai lomba.

Ini Rekomendasi Sepeda Anak yang Aman dan Nyaman, Hadiah Terbaik untuk Sang Buah Hati

Robin mengakui, rute etape pertama kali ini tergolong berat. Adanya tanjakan dan jalan yang tak terlalu mulus membuat tenaganya menjadi terforsir. "saya akan mencoba untuk mempertahankan green jersey, tapi saya juga ingin memperbaiki posisi,” tegasnya.

Tour de Makassar edisi kali ini akan berlangsung pada 11-13 November 2016, dan menempuh total jarak 505 kilometer dalam tiga etape. Lomba ini diikuti 12 tim, termasuk empat tim dari luar negeri.

Selain Singha Infinite Cyling, ada juga Black Inc/CCN Cycling Team, Sri Lanka Cycling Team, Vietnam Cycling Federation, dan Saudi Cycling Federation. Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari dalam sambutan berharap dapat merangsang geliat olahraga balap sepeda di Sulawesi.

“Kegiatan ini akan menjadi langkah besar untuk kegiatan yang lain karena di tahun mendatang ada Tour de Nusantara yang juga akan melewati Sulawesi. Semoga Tour de Makassar ini akan menjadi stage kedua dari kegiatan tersebut,” ujar Okto.

Etape kedua akan berlangsung Sabtu 12 November 2016. Rute yang dilalui ialah Watampone hingga Pare-Pare yang total jarakanya mencapai 151 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya