Dihantui Tragedi 2015, Marquez Pertahankan Sasis Lamanya

Pembalap Honda, Marc Marquez, saat di Sirkuit Sentul
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id – Keputusan penting diambil  pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Dia memutuskan menggunakan sasis lamanya di MotoGP musim 2017 mendatang.

Pengakuan Casey Stoner Tinggalkan Honda, Cemburu ke Marc Marquez

Langkah ini diambil Marquez lantaran merasa sudah nyaman menggunakan sasis RC213V yang dipakainya saat ini. Apalagi, Marquez sempat mendapatkan pengalaman buruk ketika menggunakan sasis baru di musim 2015.

Ya, ketika itu, Marquez kerap jatuh lantaran tak cocok dengan sasis barunya. Alhasil, The Baby Alien kembali menggunakan sasis 2014 miliknya. Usai menggunakan sasis 2014, performanya pun kembali meningkat.

Kata Marc Marquez Paling Enak di Honda, Sedikit Tekanan tapi Banyak Uang

"Sementara ini rencananya tetap sama, mempertahankan yang lama. Selanjutnya, kami akan mencoba yang lainnya. Sebenarnya, sasis bukanlah hal yang penting. Jadi, kami akan mempertahankannya," ujar Marquez seperti dikutip Crash.

Penggunaan sasis lama, disebut Marquez, juga harus diimbangi dengan mesin baru yang bakal digunakan musim depan. Sampai sekarang, Marquez merasa mesin motornya masih sering kehilangan tenaga.

Honda Terlalu Fokus ke Marc Marquez, Akibatnya Malah Buruk

Beberapa komponen seperti sistem elektronik harus dikembangkan. Dengan demikian, harus ada uji coba untuk membuktikan apakah sasis lama dan mesin baru yang akan digunakan menemui kecocokan.

"Masalahnya adalah akselerasi, kami kehilangan banyak tenaga karena masalah ban. Elektronik sebenarnya bisa membantu masalah tersebut. Tapi, di sisi lain itu bisa mengurangi tenaga. Ini semua tentang keseimbangan motor. Kami kehilangan hal itu," katanya.

Pembalap Repsol Honda, Joan Mir

Repsol Honda Belum Tentu Tancap Gas di Awal Musim MotoGP 2024

Repsol Honda terbilang melempem dalam dua musim terakhir, karena gagal mendapatkan podium pertama. Kebangkitan mereka pada MotoGP 2024 amat dinanti oleh para penggemar.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024