Kerjasama Bilateral Ceko - Indonesia

Ceko Jajaki Pembangunan Bandara Kulon Progo

VIVAnews - Indonesia dan Ceko menjajaki kerjasama pengembangan infrastuktur Bandar Udara dan Stasiun Kereta Api di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Demikian salah satu hasil kesepakatan Sidang Pertama Komisi Bersama (SKB) Indonesia-Ceko di Praha.

Siaran pers KBRI Praha mengungkapkan bahwa penjajakan itu ditandatangani oleh Direktur Jenderal Amerika dan Eropa dari Departemen Luar Negeri Indonesia,  Retno L.P. Marsudi, dan Vlastimil Lorenz, Asisten Deputi Menteri/Direktur Jenderal Urusan Negara-Negara Non Eropa dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan Ceko, Jumat 21 Agustus 2009.

SKB RI-Ceko telah menyepakati bahwa kedua pemerintah perlu meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi serta promosi investasi dan perdagangan. Komisi Bersama merupakan mekanisme untuk mempromosikan kerjasama ekonomi bilateral di berbagai bidang. Terkait hal itu, baik Pemerintah RI maupun Pemerintah Ceko sepakat untuk saling mengundang komunitas bisnis kedua negara hadir pada berbagai pameran dagang yang diselenggarakan baik di Indonesia maupun di Ceko.

Kedua pemerintah telah sepakat meningkatkan kerjasama di bidang energi dengan pengembangan pembangkit listrik tenaga air, angin, maupun matahari, dan peningkatan kerjasama di bidang industri pertanian, pertahanan, peralatan kesehatan, infrastuktur serta perbankan.

Sebagai Ketua Delegasi RI, Marsudi juga menekankan perlunya peningkatan people-to-people contact melalui kerjasama di bidang pendidikan, misalnya kerjasama antar universitas dan pemberian kembali beasiswa dari Pemerintah Ceko kepada mahasiswa Indonesia yang dihentikan sejak tahun 2007, sementara Pemerintah RI terus memberikan beasiswa program Darmasiswa kepada para pelajar Ceko sejak tahun 1995.

Delegasi RI juga melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Ceko Urusan Politik, Hukum dan Konsuler, Hynek Kmonicek, untuk membicarakan rencana kunjungan Perdana Menteri Ceko ke Indonesia pada semester II tahun 2010 dan draft Persetujuan Bebas Visa bagi Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas.

Rangkaian kegiatan SKB RI-Ceko didahului dengan perundingan mengenai Protokol amandemen Persetujuan Peningkatan dan Perlindungan Penanaman Modal (P4M) RI-Ceko tahun 1998 dan pertemuan dengan Czech Invest untuk membicarakan upaya peningkatan investasi Ceko di Indonesia.

Presiden Iran Ancam Serangan Secara Brutal ke Israel Jika Berani Membalas!

Hadir pula Bupati Kulon Progo, H. Toyo Santoso Dipo, untuk menerima hasil studi kelayakan rencana pembangunan infrastruktur Bandara dan Kereta Api di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta dari Pemerintah Ceko.

Pengacara senior yang juga Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis

12 Fakta yang Diklaim Tak Terbantahkan Dibeberkan Kubu Ganjar-Mahfud pada Sidang PHPU

Tim Hukum pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD membeberkan 12 fakta yang tidak disangkal dalam sidang perkara PHPU.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024