TUTUP
TUTUP
SPORT

2 Legenda NBA Terima Medali Kehormatan dari Obama

Salah satu legenda NBA itu adalah Michael Jordan.
2 Legenda NBA Terima Medali Kehormatan dari Obama
Legenda NBA, Michael Jordan (kiri) bersama Predisen AS, Barack Obama (kanan) (REUTERS/Carlos Barria)

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, memberikan penghormatan kepada tokoh yang ahli di bidangnya masing-masing. Medali kehormatan ini bernama Presidential Medal of Freedom 2016.

Presidential Medal of Freedom adalah tanda kehormatan tertinggi untuk masyarakat sipil di Amerika Serikat. Total, ada 21 tokoh yang layak mendapat kehormatan ini, dan mereka semua diundang Obama hadir di Gedung Putih.

Obama sendiri yang menyematkan medali kepada para tokoh penerima, seperti bos Microsoft, Bill Gates dan istrinya Melinda, untuk pekerjaan di bidang filantropis. Sedangkan dari dunia olahraga, medali ini diterima legenda hidup NBA, Michael Jordan dan Kareem Abdul-Jabbar

Legenda NBA, Michael Jordan menerima Presidential Medal of Freedom 2016

Legenda NBA, Kareem Abdul-Jabbar

Dunia showbiz tak luput dari kategori yang dinilai layak mendapat penghargaan. Aktor Tom Hanks, Robert De Niro dan Robert Redford juga masuk daftar penerima tanda kehormatan.

"Medali kepresidenan ini bukan hanya tanda kehormatan sipil tertinggi kami. Ini merupakan penghargaan untuk setiap gagasan dari kita semua. Tidak peduli dari mana kita berasal, selama kita menyadari kesempatan untuk mengubah negara jadi lebih baik lebih baik," kata Obama, dikutip Reuters.

"Penghormatan ini sangat bermanfaat ketika Anda berpikir tentang koleksi yang Anda miliki. Karena Anda akan menyadari bagaimana luar biasanya Anda karena membuat negara kita jadi negara besar di dunia," ujarnya..

Medali tersebut diberikan kepada mereka yang berkontribusi masif setiap tahun untuk kepentingan nasional Amerika Serikat, khususnya untuk keamanan, perdamaian dunia, budaya atau atas nama pribadi.

Selain nama yang disebutkan di atas, penerima lainnya tahun ini ada bintang rock, Bruce Springsteen, penyanyi soul Diana Ross,  tokoh masyarakat Amerika Serikat, Elouise Cobell yang berada di balik suksesnya pendaratan NASA di bulan, seorang ilmuwan komputer, Margaret H Hamilton.

Presenter kondang, Ellen DeGeneres, juga dianugerahi medali tersebut. Obama akan meninggalkan Gedung Putih pada Januari 2017 setelah delapan tahun masa jabatannya, dan digantikan oleh Donald Trump. (one)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP