F1 GP Abu Dhabi Seperti Final Piala FA untuk Hamilton

Pembalap Tim Mercedes, Lewis Hamilton
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

VIVA.co.id - Seri pamungkas balapan Formula 1 (F1) GP Abu Dhabi pada 27 November 2016, akan menjadi final bagi Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Bos Red Bull, Christian Horner, menilai balapan nanti akan seperti final Piala FA bagi Hamilton.

Lewis Hamilton's Salary in Ferrari Revealed

Membalap di sirkuit Yas Marina, Hamilton tengah mengejar ketertinggalan 12 poin dari Rosberg. Alhasil, pembalap asal Inggris itu harus bisa menang untuk jadi juara dunia, dengan catatan Rosberg finis di posisi empat atau lebih rendah.

Sedangkan Rosberg sudah bisa meraih gelar juara dunia, dengan hanya masuk posisi tiga besar. Namun, Horner melihat kondisi tersebut akan lebih menguntungkan Hamilton karena bebannya relatif kecil.

Gaji Fantastis Lewis Hamilton di Ferrari

"Saya pikir secara psikologis ini lebih mudah buat Lewis karena buatnya ini seperti final Piala FA, ia cuma perlu berusaha melakukannya saja," kata Horner dilansir Crash.

Lebih lanjut, dia melihat persaingan antar pembalap Mercedes itu seperti di musim 2010. Di mana, Fernando Alonso, Mark Webber dan Sebastian Vettel sama-sama bersaing merebut gelar juara dunia.

5 Pelatih Banyak Menang di Premier League, Elkan Baggott Enggak Muluk-muluk

Vettel yang kala itu masih membela Red Bull mengabaikan hitung-hitungan, dan akhirnya keluar sebagai juara. Menurut Horner, saat itu Vettel tidak terlalu memikirkan gelar juara dan fokus kepada balapan saja.

"Yang harus ia lakukan cuma memenangi balapan dan kemudian menyerahkan semua hasil lain terungkap sendiri. Itu mirip seperti skenario Sebastian pada 2010, ada empat pembalap tahun itu yang masih berpeluang; Lewis, Fernando, Mark, dan Seb," ujarnya.

"Sebastian tak memedulikan yang lain, menyelesaikan pekerjaannya dan menampilkan balapan yang bagus. Para pembalap lain sedikit sengit. Secara khusus Fernando memantau aksi Mark dan lupa dengan Seb. Dan ia menjalani balapan itu seperti Nico dengan cuma perlu finis di tiga besar untuk juara dunia dan pada akhirnya Sebastian yang berhasil," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya