Juara Dunia 2016, Penutup Manis Karier Rosberg di F1

Juara dunia Formula 1 (F1) 2016, Nico Rosberg (atas)
Sumber :
  • REUTERS/Hamad I Mohammed

VIVA.co.id - Nico Rosberg telah mengambil keputusan yang cukup mengejutkan, di mana pensiun dari dunia balap Formula 1 (F1). Gelar juara dunia F1 2016 pun seolah menjadi klimaks dalam karier balapnya.

Mercedes Siap Tantang Max Verstappen di F1 GP Qatar

Keputusan pensiun tersebut diambil Rosberg, hanya selang sehari dari balapan GP Abu Dhabi pada Minggu 27 November 2016. Pembalap Mercedes itu akhirnya mengumumkan kabar itu saat gala FIA di Vienna.

Baca juga: Nico Rosberg Pensiun dari F1

Lewis Hamilton Akui Progres McLaren

"Bagi saya, ini adalah hari yang istimewa karena dapat menerima trofi malam ini. Pencapaian yang luar biasa, tetapi karena beberapa alasan, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengumumkan akhir dari karier saya di F1," ujar Rosberg.

Pembalap berusia 31 tahun itu meraih gelar juara dunia usai finis kedua di GP Abu Dhabi. Hasil tersebut sudah cukup membuatnya bertahan di puncak klasemen F1 dengan 385 poin.

Lewis Hamilton Khawatir Mercedes Kalah Saing di F1 2023

Dia unggul lima poin dari Lewis Hamilton yang berada di posisi kedua. Ini menjadi gelar juara dunia F1 pertama yang diraihnya sejak memulai balapan F1 pada 2005 silam.

Gelar juara dunia itu juga seolah menjawab penasaran Rosberg, yang dalam dua musim sebelumnya hanya menjadi runner up. Anak dari pembalap legenda Keke Rosberg tersebut, mengakui bila juara dunia F1 adalah impiannya sejak kecil.

"Sejak saya berumur enam tahun, menjadi juara dunia F1 telah menjadi mimpi saya. Kini saya telah meraihnya, dan saya akan mengingat momen itu selamanya," ujarnya, seperti dilansir Motorsport.

"Saya telah meraih mimpi saya, jadi saya tidak ingin melakukan komitmen di F1 lagi. Saya telah mengikuti kata hati saya. Saya ingin berhenti dan melakukan aktivitas lain," lanjut rekan setim Hamilton ini.

Mantan pembalap BMW Williams ini hijrah ke Mercedes pada 2010. Sepanjang kariernya, Rosberg tampil di 206 balapan. Dia meraih 23 kemenangan, 57 kali naik podium, 30 pole position, serta mencatatkan 20 fastest lap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya