Dilarang Menggunakan Sayap, Pabrikan MotoGP Mencari Akal

Motor yang digunakan tim Ducati di MotoGP.
Sumber :
  • Jalopnik

VIVA.co.id – Otoritas tertinggi MotoGP telah mengeluarkan pernyataan dengan melarang penggunaan sayap pada bagian kendaraan untuk musim depan. Jika para peserta balapan masih nekat menggunakan sayap, maka akan dilarang untuk tampil di MotoGP 2017.

Maverick Vinales Won the 2024 American MotoGP Race

"Tidak diizinkan untuk menambah perangkat apapun dalam bentuk fairing atau bodywork yang terintegrasi dalam bodi motor (antara lain, sayap, sirip dan tonjolan) yang dapat memberikan efek aerodinamis. Direktur Teknik nantinya akan memutuskan apakah ada desain seperti yang dijelaskan di atas, dan juga mengambil tindakan," tulis pernyataan otoritas tertinggi MotoGP. 

Beberapa pabrikan motor pun mulai mencari cara agar bagaimana desain sayap tersebut tidak terlihat agar tidak dihukum. Salah satunya adalah Ducati, di mana mereka tengah memasang sayap yang akan disembunyikan di dalam bodi motor. 

Klasemen MotoGP 2024: Jorge Martin Pertama, Vinales Masuk 3 Besar Usai Menang di Amerika

"Untuk tahun depan, kita harus benar-benar mengubah aerodinamis dari motor dan pasti kami tidak siap untuk saat ini dengan aerodinamis yang baru," kata General Manajer Ducati, Gigi Dall'lgna.  

Yamaha pun tetap ingin melakukan uji coba sayap pada kendaraannya. Mereka pun telah mengajukan perangkat untuk diuji coba kepada otoritas MotoGP. 

Maverick Vinales Rajai MotoGP Amerika 2024, Acosta Podium dan Marc Marquez Crash

Direktur Teknik MotoGP, Danny Aldrigde, membenarkan jika Yamaha telah mengajukan perangkat untuk diuji coba. 

"Saya tidak mengatakan terlalu banyak tentang desain yang sebenarnya, tapi pada dasarnya saya memberitahu kepada mereka mana yang boleh dan mana yang tidak. Bukan hanya Yamaha yang mengirimkan, namun pabrikan lainnya juga sama," kata Aldridge dilansir dari Crash.  (one)

Pembalap Gresini Racing, Marc Marquez

Video Marc Marquez Kecelakaan saat Pimpin Balapan hingga Gagal Finis di MotoGP Amerika 2024

Marc Marquez harus menerima kenyataan pahit gagal finis di MotoGP Amerika, Senin 15 April 2024. Pembalap Gresini Racing tersebut mengalami crash saat memipimpin balapan.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024